FKIP – Bidang Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar sosialisasi Program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara-Forum Komunikasi Pimpinan FKIP Negeri se-Indonesia (Permata Forkom) bagi mahasiswa semester lima pada Kamis (29/7/2021) secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting.

Kegiatan sosialisasi yang diisi oleh tiga narasumber yaitu Prof. Dr. Slamet Subiyantoro, M.Si., Mila Purani Sistiyan, S.E., M.M., dan Yosafat Christiantono, S.Kom. ini dikemas dalam bentuk pemaparan materi dan diskusi. Kegiatan dibuka dengan pemaparan panduan Permata Forkom oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan FKIP UNS, Prof. Dr. Slamet Subiyantoro, M.Si. Ia menjelaskan bahwa Forkom sebagai panitia pusat menawarkan program Permata Forkom kepada pimpinan fakultas yang tergabung dalam Forkom sebagai salah satu bagian Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM), yakni Program Pertukaran Pelajar.

“Forum Komunikasi Pimpinan FKIP Negeri se-Indonesia (Forkom) dalam hal ini sebagai panitia pusat menawarkan program Permata Forkom kepada pimpinan fakultas yang tergabung dalam Forkom. Sistem pembelajaran dalam program Permata Forkom ini dilakukan dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau secara daring dan dilakukan pada semester ganjil 2021-2022,” jelas Prof. Subiyantoro.

Selanjutnya, pemaparan dilanjutkan oleh Mila Purani Sistiyan, S.E., selaku Sub Koordinator Akademik FKIP UNS. Mila memandu peserta sosialisasi terkait teknis pembuatan akun dan aplikasi perkuliahan menggunakan website Permata Forkom.

“Pendaftaran akan ditutup hari ini. Silahkan mendaftar dengan mengisi link https://bit.ly/permataforkomUNS untuk dibuatkan akun. Setelah itu, silahkan membuat akun melalui website https://mbkmfkipnegeri.id/ dan ikuti langkah-langkahnya,” jelas Mila.

Yosafat Christiantono, S.Kom. selaku Tenaga Kependidikan FKIP UNS menambahkan agar mahasiswa mendaftar menggunakan akun yang aktif sebab nantinya akan ada surat elektronik guna aktivasi. Ia juga menambahkan, jika mata kuliah yang diambil melebihi kuota, maka akan diambil keanekaragaman universitas yang mendaftar dan paling cepat. Oleh karena itu, diharapkan kepada mahasiswa yang ingin mendaftar agar segera mendaftarkan diri.

Kegiatan sosialisasi diakhiri dengan pernyataan penutup dari Prof. Dr. Slamet Subiyantoro, M.Si. Ia menegaskan bahwa Program Permata Forkom ini merupakan salah satu cara di mana mahasiswa diberikan kesempatan untuk belajar sesuai dengan renjana masing-masing. Asumsinya, jika memiliki bukti pengalaman di luar bidangnya, yakni pada dunia industri pendidikan, maka sudah dianggap teruji. Oleh karena itu, mahasiswa diharapkan segera mengambil kesempatan ini.

Reporter: Rosantika Utami
Editor: Zalfaa Azalia Pursita

https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa