FKIP – Bidang Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar webinar kepemimpinan dengan tema “Mahasiswa Memimpin Perubahan” melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting pada Kamis (15/6/2021).

Dimoderatori oleh Jonet Ariyanto Nugroho, S.E., M.M, webinar ini menghadirkan dua narasumber yaitu Muhammad Farid Sunarto, S.Pd. M.Si. dan Prof. Dr. Suyanto, M.M. yang masing-masing mendapatkan sesi pemaparan materi selama 50 menit. Sesi pertama diisi oleh Prof. Dr. Suyanto, M.M. selaku Rektor Amikom Yogyakarta. Dalam materinya, ia menekankan bahwa diperlukannya revolusi pendidikan untuk melahirkan sebuah perubahan.

“Mengapa pendidikan harus diubah? Karena pendidikan kita hanya menekankan dimensi intelektual. Saat ini, dimensi tersebut sangat menonjol di Indonesia. Kita sangat miskin dimensi sentimental atau pengilhaman. Arah pendidikan harus diubah tidak hanya untuk riset, tetapi juga untuk kesejahteraan masyarakat,” terangnya.

Menurut Suyanto, seorang pemimpin yang membawa perubahan adalah pemimpin yang mampu memadukan empat hal dalam hidupnya, yaitu “Neng, Ning, Nung, dan Nang”. Pertama adalah Neng atau Meneng, yaitu hubungan kita dengan Tuhan diperkuat. Kedua adalah Ning atau Wening, yaitu kejernihan hati yang bisa merasuk ke dalam jiwa. Ketiga adalah Nung atau Hanung, yaitu kebesaran hati dan jiwa yang menghasilkan intelektual luar biasa. Terakhir adalah Nang atau Menang, yang berarti menang secara lahiriah dan batiniah.

Selanjutnya, sesi dua pemaparan materi dalam webinar ini diisi oleh Muhammad Farid Sunarto, S.Pd. M.Si. selaku Ketua Solo Bersimfoni. Dalam pemaparannya, Farid menegaskan pentingnya bermimpi bagi mahasiswa yang ingin menjadi pemimpin perubahan.

“Seorang pemimpin perubahan harus berani bermimpi. Apabila seorang mahasiswa berani bermimpi di awal, ia juga akan meraih sukses di awal. Oleh karena itu, sebagai seorang mahasiswa ketika diberi pertanyaan siapkah menjadi pemimpin perubahan, maka jawablah siap, “ kata Farid.

Terdapat lima prasyarat bagi mahasiswa untuk memimpin perubahan menurut Farid. Prasyarat pertama adalah menguasai 3M (multimedia, multi-platform, dan multitasking). Prasyarat kedua adalah digital personal proffiling yang bagus. Prasyarat ketiga adalah cerdas dan berkarakter. Adapun prasyarat selanjutnya adalah open minded dan critic. Sedangkan, prasyarat terakhir adalah penasaran dan antusias.

Webinar diakhiri dengan sesi tanya jawab, dokumentasi, dan pengumuman kompetisi yang diselenggarakan oleh Bidang Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan FKIP UNS. Adapun kompetisi tersebut adalah kompetisi film pendek, video microteaching, dan startup mahasiswa. Peserta kompetisi adalah mahasiswa kependidikan yang dibuktikan dengan kartu mahasiswa. Kompetisi dibuka hingga tanggal 23 Juli 2021.

Reporter: Rosantika Utami
Editor: Zalfaa Azalia Pursita

https://www.instagram.com/fkipuns.official/
#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa