Surakarta. Mendukung capaian luaran Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang maksimal Bidang akademik riset dan kemahasiswaan mengadakan kegiatan workshop Pembuatan video berkualitas sebagai luaran PKM menuju PIMNAS 2021. Acara yang diinisiasi oleh unit kemahasiswaan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa FKIP yang lolos pendanaan PKM yang dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting pada Rabu, 30 Juni 2021.

Wakil Dekan 1 FKIP UNS, Prof. Dr. Slamet Subiyantoro menegaskan pentingnya semangat untuk meraih prestasi melalui PKM karena dengan kegiatan ini akan muncul softskill berprikir kreatif, inovatif dan kompetitif sehingga siap menjadi lulusan yang dapat melanjutkan studi, berwirausaha atau mendapatkan pekerjaan yang layak. Universitas senantiasa mendukung kegiatan kompetitif mahasiswa melalui PKM. Prof. Dr. Slamet Subiyantoro menambahkan bahwa saat sudah ada jaminan regulasi tentang rekognisi PKM sebagai pengganti skripsi. Mahasiswa yang mendapatkan medali emas PKM tidak perlu melaksanakan ujian skripsi namun laporan hasil pkm tetap harus diselesaikan sebagai pengganti skripsi.

Lina mahardiani S.T., MM., M.Sc., Ph.D selaku moderator sekaligus koordinator prestasi keilmiahan mahasiswa FKIP menambahkan bahwa kualitas video luaran mahasiswa sangat penting dalam menarik perhatian juri. Sehingga pada workshop kali ini mendatangkan ahlinya yaitu Yongky Alfi Andi yang expert dibidang videografi dari CV Mentari Abadi. Harapanya setelah mengikuti kegiatan ini para kelompok PKM mampu membuat konten video yang menarik namun dan sesuai dengan substansi PKM masing-masing. Sehingga peningkatan mahasiswa yang mengikuti PIMNAs dan meraih medali emas dari FKIP semakin meningkat dari tahun sebelumnya.