FKIP – Bidang Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar latihan kepemimpinan dengan tema “Manage Yourself, Be Adaptive and Contributive” yang diselenggarakan secara daring pada Jumat (6/8/2021) melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting.

Latihan kepemimpinan nasional ini dipandu oleh Agus Tri Susilo, S.Pd., M.Pd. selaku dosen Program Studi (Prodi) Bimbingan Bimbingan dan Konseling (BK) FKIP UNS. Adapun, dua pembicara yang hadir adalah Bagus Tito Wibisono, S.Pd. selaku Presidium of Nusantara Youth Forum 2018-2021 dan Dharmaji Suradika selaku CEO Pemimpin.id.

Kegiatan diawali dengan pembukaan, mendengarkan lagu Indonesia Raya, serta sambutan oleh Dr. Mardiyana. M.Si., selaku Dekan FKIP UNS. Dalam sambutannya, Dr. Mardiyana menyampaikan bahwa sangat penting bagi mahasiswa belajar sikap kepemimpinan, apalagi dengan adanya Revolusi Industri 4.0 pada situasi pandemi yang menuntut mahasiswa dapat adaptif dan mengikuti perkembangan teknologi, serta mampu berkontribusi di mana saja.

“Mulai dari mahasiswa, sudah harus belajar sikap-sikap kepemimpinan. Dengan adanya Revolusi Industri 4.0, banyak yang harus dipelajari agar dapat menyesuaikan dengan kondisi yang ada. Mahasiswa harus bisa memberikan kontribusi di mana saja, di keluarga, di institusi, di masyarakat, itu yang namanya mahasiswa yang banyak kontribusinya. Jangan berhitung kontribusi yang diberikan, semakin banyak semakin bermanfaat, sangat kompeten, dan hidupnya berkah,” kata Dr. Mardiyana.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh CEO Pemimpin.id, Dharmaji Suradika yang memaparkan materi tentang konsep kepemimpinan. Dharmaji menyampaikan bahwa konsep kepemimpinan sangatlah beragam. Pemimpin dapat berarti orang yang banyak membantu, yang tidak bisa tenang saat melihat keresahan. Pemimpin juga berarti pemuda yang saat melihat ketidakadilan kemudian mengambil tindakan. Konsep pemimpin bukan berdasarkan gelar, namun yang mampu menyelesaikan permasalah dalam masyarakat, mempunyai visi, memimpin dengan contoh, mengajak, dan bergerak.

“Orang yang disebut pemimpin adalah orang-orang yang banyak membantu, yang tidak bisa tidur saat melihat keresahan yang ada. Pemimpin adalah pemuda yang saat melihat ketidakadilan lalu bertindak. Para pemimpin itu adalah kita semua yang tahu kita siapa, yang menemukan masalah sosial, dan menyelesaikannya dengan berfikir, dan menjalankan serta mengajak orang lain,” ujar Dharmaji.

Setelah pemaparan oleh Dharmaji, kegiatan dilanjutkan oleh pemaparan pembicara kedua, yakni Bagus Tito Wibisono, S.Pd. selaku Presidium of Nusantara Youth Forum. Materi yang dibawakan Bagus membahas tentang manajemen diri.

“Sangat penting untuk menuliskan tujuan kita, baik tujuan jangka panjang atau jangka pendek. Meskipun akan ada kondisi yang tidak diduga, sehingga terjadi perubahan pada rencana yang telah disusun, itu akan membuat kita adaptif dengan perubahan, serta mampu menemukan jalan-jalan lain untuk mencapai tujuan kita,” papar Bagus.

Kegiatan pemaparan materi diikuti sesi diskusi dan tanya jawab. Pada sesi diskusi satu, terdapat tiga pertanyaan yang diajukan kepada pembicara pertama. Kemudian, pada sesi diskusi dua, terdapat dua pertanyaan yang diajukan kepada Bagus. Kegiatan diakhiri dengan sesi foto bersama.

Reporter : Akhmad Mukhibun
Editor : Zalfaa Azalia Pursita

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/
#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa