FKIP –Bidang Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar lokakarya bertajuk “Workshop Pengenalan Akreditasi Internasional AQAS” pada Jumat (30/7/2021) secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting.

Kegiatan lokakarya yang dimoderatori oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan FKIP UNS, Prof. Dr. Slamet Subiyantoro, M.Si., ini menghadirkan narasumber Dr. Heny Hendrayati, M.M. selaku sivitas akademika Program Studi (Prodi) Manajemen Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Lokakarya dibuka dengan sambutan dari Dr. Mardiyana, M.Si. selaku Dekan FKIP UNS. Dalam sambutannya, ia mengatakan bahwa diadakannnya lokakarya ini diharapkan dapat memberikan pencerahan yang cukup terkait cara mendapatkan Akreditasi Internasional Agency for Quality Assurance by Accreditation of Study Programs (AQAS) pada Prodi yang ada di FKIP UNS.

“Kita perlu mempersiapkan beberapa Prodi dari awal, mulai dari sosialisasi ini. Semoga segera ditindaklanjuti untuk penyusunan SAR, sehingga sampai visitasi dapat berjalan mulus. Sebab, dari awal kita sudah mendapatkan pencerahan yang cukup jelas. Harapannya, pada saat site visit kita langsung mendapat akreditasi selama enam tahun tanpa syarat,” jelas Dr. Mardiyana.

Lokakarya dilanjutkan dengan pemaparan materi dari narasumber, yaitu Dr. Heny Hendrayati, M.M. Ia membagi pemaparannya ke dalam tiga sesi, yaitu mengapa perlu akreditasi internasional, pemilihan lembaga akreditasi internasional, serta lembaga akreditasi AQAS. Pada awal pemaparan, ia juga menekankan pentingnya eksistensi dalam dunia pendidikan.

“Kita ini merupakan masyarakat dari masyarakat di dalam dunia ini. Tentu saja eksistensinya perlu dikembangkan dan perlu ada eksistensi untuk diakui. Untuk diakui itu sekarang bukan zamannya persaingan lagi, tetapi justru kita harus bisa berkolaborasi dan bisa berkontribusi satu sama lain,” tegas Heny.

Kegiatan lokakarya ini diakhiri dengan sesi tanya jawab oleh narasumber dan perwakilan dari Prodi klaster persiapan akreditasi internasional.

Reporter: Rosantika Utami
Editor: Zalfaa Azalia Pursita

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/
#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa