FKIP – Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Surakarta (Hima PGSD Surakarta) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta bekerja sama dengan bersamabisa.id menggelar kegiatan Sekolah Generasi Indonesia yang diikuti sekitar 18 anak pada Minggu (29/8/2021) di pemukiman warga Bantaran Kali Anyar, Mipitan Sewu, Mojosongo, Jebres, Surakarta.

Gerakan yang diinisiasi oleh bersamabisa.id ini bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan dan sumber daya manusia generasi muda. Materi pelajaran yang diajarkan adalah materi wawasan kebangsaan dan wawasan umum. Adapun, relawan pengajar dalam kegiatan ini merupakan mahasiswa jurusan PGSD Surakarta FKIP UNS. Kegiatan dilakukan secara rutin pada hari Minggu.

Pendiri komunitas bersamabisa.id, Shoffan Mujahid, menjelaskan bahwa kehadiran Sekolah Generasi Indonesia di Kampung Mipitan tidak semata-mata untuk memenuhi tuntutan Satuan Kredit Semester (SKS), tapi panggilan hati sebagai mahasiswa untuk merawat kemerdekaan.

“Kami memiliki tujuan jangka panjang. Kalau teman-teman mahasiswa yang lain hanya ingin memenuhi SKS, tapi kami secara organik dan alami justru untuk ikut menjaga dan merawat kemerdekaan Indonesia. Anak-anak milenial zaman sekarang lupa cara merawat kemerdekaan Indonesia,” jelas Shoffan.

Aghnia Haudli, selaku Ketua Hima PGSD Surakarta juga menambahkan bahwa pelaksanaan kegiatan tersebut merupakan pemenuhan tanggung jawab atas rencana program kerja pengabdian masyarakat Hima PGSD. Lebih jauh dari itu, ia berharap kegiatan ini dapat menjadi langkah awal bagi mahasiswa PGSD Surakarta untuk mempersiapkan diri menjadi pendidik yang dapat melahirkan generasi muda penerus bangsa yang berkarakter, berkepribadian unggul, dan memiliki semangat tinggi untuk mewujudkan impiannya agar berguna bagi sesama.

Kegiatan ini digelar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Baik pengajar, anak-anak, dan semua pihak yang terlibat memakai masker dan menjaga jarak saat mengikuti pelaksanaan kegiatan Sekolah Generasi Indonesia.

Reporter: Rosantika Utami
Editor: Zalfaa Azalia Pursita

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/
#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa