FKIP – Himpunan Mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surakarta menggelar kegiatan Donor Darah dengan mengusung tema A Little Blood for a Big Hope pada Minggu (19/09/2021) di Lobby Gedung D Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

Kegiatan dibuka dengan sambutan oleh Dr. Muzzazinah, M.Si. selaku Kepala Program Studi (Kaprodi) Pendidikan Biologi FKIP UNS, kegiatan berlangsung dari pukul 09.00 s.d. 12.00 WIB dengan menerapkan protokol kesehatan. Mughofir selaku ketua panitia menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan rasa kemanusiaan dan kepedulian sosial.

“Program kerja ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan rasa kemanusiaan dan kepedulian sosial mahasiswa dan karyawan Universitas Sebelas Maret, khususnya Prodi Pendidikan Biologi terhadap kelangsungan hidup sesama,” jelas Mughofir.

Ada sekitar 23 peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan donor darah ini. Syarat peserta kegiatan donor darah ini, yaitu memakai masker, mematuhi protokol kesehatan, dalam keadaan sehat, dan sudah melakukan vaksinasi. Bagi calon pendonor yang bergolongan darah O tidak bisa diterima dalam kegiatan donor darah ini karena terjadi overload ketersediaan stok darah golongan darah O di PMI Surakarta.

Adapun, alur yang diikuti peserta donor darah ini adalah mencuci tangan, pengukuran suhu badan, dan mengantre untuk mengikuti arahan registrasi dari panitia.

Mughofir berharap kegiatan donor yang merupakan salah satu bentuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat ini mampu meningkatkan rasa kemanusian dan sikap peduli terhadap sesama.

“Sebagai salah satu bentuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat, diharapkan kegiatan donor darah ini mampu meningkatkan rasa kemanusiaan dan kepedulian terhadap kesehatan sesama masyarakat,” pungkas Mughofir.

Reporter: Rosantika Utami
Editor: Aulia Anjani

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa