FKIP – Bidang Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar rapat evaluasi Program Magister (S-2) dan Program Doktor (S-3) secara daring pada Senin (31/8/2021) melalui aplikasi Zoom Meeting.

Rapat dibuka oleh Prof. Dr. Slamet Subiyantoro, M.Si. selaku Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan FKIP UNS. Setelah membuka rapat, ia memaparkan laporan mengenai data dan grafik input mahasiswa per semester dari tahun 2017 hingga 2021. Di akhir pemaparannya, ia mengajak peserta rapat untuk menjadikan rapat ini sebagai alat evaluasi bersama.

“Baik dari proses maupun hasil, mari pada kesempatan ini kita jadikan refleksi bersama untuk mengevaluasi apa-apa yang sudah kita capai, mengapa ada grafik turun dan mengapa ketika itu bisa meningkat. Meskipun sekarang ini memang belum dilakukan kajian-kajian secara cermat, tetapi setidaknya ada berbagai variabel-variabel yang bisa dikaji, misalnya populasi,” ajak Prof. Slamet.

Rapat dilanjutkan dengan penyampaian informasi terkait evaluasi-evaluasi Prodi oleh Dekan FKIP UNS, Dr. Mardiyana, M.Si. Ia menyampaikan perlu adanya kestabilan grafik masing-masing Prodi untuk mempertahankan akreditasi.

“Pada saat ini kita sedang melakukan beberapa evaluasi terkait dengan proses pendidikan kita, apakah benar-benar terdampak pandemi Covid-19 atau disebabkan oleh sebab-sebab yang lain. Akhir-akhir ini, perpanjangan akreditasi tidak otomatis oleh BAN-PT bagi perguruan-perguruan tinggi PTN-BH, sehingga dilakukan cek terlebih dahulu di data PDDikti apakah input Prodi semakin baik atau tidak, bagaimana rasio dosen dan mahasiswanya, serta bagaimana outputnya. Oleh karena itu, apabila hal tersebut tidak semakin baik ada kemungkinan akreditasinya bisa turun,” jelas Dr. Mardiyana.

Kegiatan rapat dilanjutkan dengan diskusi permasalahan atau kendala yang dialami masing-masing Prodi. Harapannya, dapat ditemukan peta-peta kesulitan dan identifikasi permasalahannya, sehingga dapat didiskusikan solusinya untuk kepentingan bersama.

Reporter: Rosantika Utami
Editor: Zalfaa Azalia Pursita

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/
#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa