FKIP – Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (HIMPROBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar Lokakarya Pekan Bahasa Sastra 2021 dengan tema “Bahasa dan Sastra dalam Bingkai Industri Kreatif: Inovasi Buah Cipta, Rasa, dan Karsa” secara daring pada Minggu (5/9/2021) melalui aplikasi Zoom Meeting.

Dimoderatori oleh Kanes Ratu selaku mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), lokakarya ini menghadirkan dua pemateri yaitu Dr. Sugit Zulianto, M.Pd. dan Titi Setyoningsih, S.Pd., M.Pd. yang merupakan Dosen Prodi PBSI FKIP UNS.

Sebelum memasuki sesi pemaparan materi, kegiatan lokakarya diawali dengan pembukaan oleh pembawa acara, menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan oleh ketua panitia Pekan Bahasa Sastra 2021, sambutan oleh Ketua HIMPROBSI,, dan sambutan oleh Kepala Program Studi (Kaprodi) PBSI.

Dalam sambutannya, Dr. Budhi Setiawan, M.Pd. selaku Kaprodi PBSI menjelaskan bahwa lokakarya ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Pekan Bahasa Sastra 2021 yang diharapkan dapat mengembangkan keterampilan dan memotivasi mahasiswa Prodi PBSI, khususnya dalam menciptakan karya sastra.

“Perlu kami sampaikan bahwa kegiatan ini adalah rangkaian dari beberapa kegiatan Pekan Bahasa Sastra 2021 yang dirancang oleh panitia. Tidak hanya sekedar workshop pada hari ini, tetapi panitia mempunyai lima agenda besar yaitu lomba cipta puisi tingkat Asia Tenggara, lomba baca puisi tingkat nasional, lomba menulis cerita pendek tingkat nasional. webinar nasional, dan ditutup dengan kegiatan HIMPROBSI Berbagi. Semoga kegiatan workshop ini dapat memberi pengalaman dan pelatihan bagi mahasiswa, khususnya dalam menulis puisi dan cerita pendek, serta memberi motivasi mereka untuk lebih produktif dalam berkarya,” jelas Dr. Budhi.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh kedua pemateri. Pemateri pertama, Dr. Sugit Zulianto, M.Pd., memaparkan materi bertajuk “Sifat Bahasa Indonesia Ragam Sastra dan Implementasinya dalam Penulisan Puisi”. Adapun, pemateri kedua, Titi Setyoningsih, S.Pd., M.Pd., memaparkan materi bertajuk “Menulis Kreatif Cerita Pendek”.

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan intermeso, serta diakhiri dengan sesi dokumentasi dan penutupan oleh pembawa acara.

Reporter: Rosantika Utami
Editor: Zalfaa Azalia Pursita

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/
#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa