FKIP – Di era digital ini, masyarakat tak bisa lepas dari gadget dan software. Banyak sekali kreativitas yang bisa dilakukan dengan dua benda ini, bahkan di masa pandemi covid. Salah satunya adalah desain grafis. Seperti diketahui, generasi milenial tidak asing lagi dengan media sosial seperti Twitter, Instagram, Blog, dan lain sebagainya yang akhir-akhir ini digandrungi banyak pihak.

Melalui salah satu programnya di bidang kehumasan, Himpunan Mahasiswa
Prodi (HMP) Pendidikan Bahasa Jawa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar Sekolah Desain sebagai upaya membekali generasi milenial dengan kemampuan mendesain. Kegiatan yang bertemakan “Kreativitas Generasi Milenial di Masa Pandemi Covid-19” ini dilakukan melalui Zoom Meeting pada Sabtu (18/9/2021).

Dalam sambutannya, Kepala Program Studi S1 ​​Pendidikan Bahasa Jawa, Dr. Djoko Sulaksono mengatakan bahwa salah satu pelajaran dari pandemi Covid yang menyebabkan berbagai macam perubahan adalah munculnya wirausahawan dan pebisnis baru yang lebih kreatif. Dengan adanya kegiatan ini, beliau berharap peserta kegiatan lebih semangat lagi dalam berkreasi.

Lebih lanjut, Muhammad Nugroho Fihifdhillah selaku pemateri menyampaikan bahwa perkembangan dunia digital perlu diimbangi dengan pola pikir atau cara pandang untuk selalu belajar hal-hal baru. Menurutnya, desain grafis merupakan salah satu hal yang tidak mudah dilakukan sehingga perlu mempelajari keterampilan digital setiap hari.

“Kita harus memiliki pola pikir bahwa kita ingin mempelajari hal-hal baru, terutama keterampilan digital,” katanya.

Salah satu mentor dalam Rubrik Grafis juga menjelaskan pentingnya personal branding bagi seorang desainer. “Mengapa penting membangun branding di era digital? Karena jika tidak segera membangun branding di era digital nanti akan tertinggal,” pungkasnya.

 

Menurutnya, personal branding bukanlah proses yang singkat, sehingga mereka yang berkecimpung di dunia desain, video editing, atau content creator tidak perlu khawatir karena harus dijadikan sebagai investasi kehadirannya di media sosial.

Reporter: Muhammad Muzaqqi
Editor: Aulia Anjani

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#Universitas Sebelas Maret
#unsbisa