FKIP – Sentra Kegiatan Islam (SKI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) menyelenggarakan Webinar Nasional The Art of Teaching dengan tema “Save the future with great Education.” Kegiatan ini diselenggarakan secara daring pada Sabtu-Minggu (18-19/9/2021) dengan menghadirkan pembicara nasional, Ust. Salim A. Fillah.

Adapun tujuan kegiatan ini yaitu untuk menumbuhkan kesadaran kepada mahasiswa (khususnya mahasiswa FKIP sebagai calon pendidik) mengenai pentingnya pendidikan karakter untuk menciptakan karakter bangsa yang baik.

“Tujuan acara ini agar (mahasiswa) dapat meningkatkan pengetahuannya tentang pendidikan islam dan pendidikan karakter untuk menumbuhkan karakter bangsa. Harapannya, acara ini dapat menjadi wadah untuk belajar bersama dan berproses menjadi pribadi yang lebih baik, sehingga mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari,” jelas Pawit Riatmo, selaku ketua panitia webinar ini.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Ust.Salim A.Fillah. Beliau menyampaikan materi tentang peran pendidikan islam dalam membangun karakter. Beliau menegaskan bahwa penting untuk mengetahui kualifikasi dan cara menumbuhkan pendidik yang unggul.

“Sebelum bicara metode pendidikan atau kurikulum pendidikan, sangat penting membahas kualifikasi, integritas, karakter, kualitas, dan kredibilitas pendidik (mualim). Di situasi sekarang, yang diutamakan ketika hendak memilih tempat belajar bukanlah besarnya tempat (gedung) atau metode yang digunakan, tetapi kualifikasi pengajar atau pendidiknya,” jelasnya.

Ust. Salim yang juga penulis buku Dalam Dekapan Ukhuwah ini juga menjelaskan setelah karakter pendidik, terdapat penggunaan Al-Qur’an, Sunnah dalam metodenya, niat yang baik (disucikan niatnya), dan proses pembelajaran perlu menguatkan karakter-karakter baik.

“Untuk mampu menjadikan pendidikan sampai karakter, kualitas mualim harus baik karena berhubungan dengan hasil pendidikan, proses tarbiyah harus mampu menghapus yang buruk dan menguatkan yang baik, menumbuhkan cara berfikir secara empatik, metode Al-quran, sunnah, kitab, dan teguhkan niat,” sambung Ust. Salim.

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, closing statement pembicara, dan foto bersama.

“Karakter yang diberikan kepada kita sejatinya dapat dibina kearah kebaikan, penekanannya ada pada integritas guru, acuannya pada Al-Quran sebagai sumbernya, dan jangan lupa melakukan tazkiyah (penyucian) agar kokoh kebaikannya dan mampu menepis keburukan. Dengan cara ini kita mampu melahirkan generasi yang unggul, yang semisal berkakter lembut seperti Abu Bakar, jika keras seperti Umar bin Khatab, jika humoris seperti Ali bin Abi Thalib, dan jika pemalu seperti Utsman bin Affan,” pungkas Ust. Salim.

Reporter: Akhmad Mukhibun
Editor : Aulia Anjani

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa