FKIP – Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (Kompresi) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelenggarakan pelatihan public speaking dengan tema “Bangkitkan Kualitas Dirimu, dengan Meningkatkan Cara Bicaramu” melalui Zoom Could Meeting pada Sabtu (18/9/2021).

Kegiatan ini merupakan puncak dari serangkaian acara Character Building and Introduction on the Area of Mechanical Engginering Education (Carburation). Acara dibuka oleh wakil ketua HMP Kompresi, Rifqi Koes. Dalam sambutannya, Rifqi menyampaikan harapan dari pelatihan public speaking kali ini.

“Harapannya, acara ini bisa menambah pengetahuan mahasiswa baru dan peserta lain untuk meningkatkan skill public speaking, ” harap Rifqi.

Pelatihan ini menghadirkan pembicara Farah Yuki Prasetyawati yang merupakan Mawapres I FKIP UNS 2020. Yuki menyampaikan materi dengan tajuk “Bisik Retorika #BeraniBicara”. Materi diawali dengan penyampaian pentingnya public speaking.

“Setiap kata yang diucapkan, merupakan cerminan dimasa depan,” jelas Yuki mengawali materinya.

Selanjutnya, Yuki menyampaikan tips berbicara di depan umum dan faktor yang mempengaruhi kemampuan public speaking seseorang.

“Bicaralah secara sistematis, maksudnya runtut, jelas, dapat dipahami. Menghunjam, bisa menempel dihati orang lain. Dan jangan hanya berbicara, tetapi berikan motivasi,” jelas Yuki.

Selanjutnya, Yuki membagikan kunci sukses public speaking yang dirangkai menjadi 3M, yaitu mental, materi, dan media.

“Ada 3 kunci seseorang sukses public speaking. Pertama, mental. Ketika mental kalian sedang turun, cobalah untuk tenang, berbicara dengan teman, atau hal lainnya. Sehingga mental kalian akan naik secara perlahan. Kedua, siapkan materi yang akan didiskusikan. Ketiga, media. Siapkan media entah poster, ppt, atau yang lain. Jangan lupa perhatikan tampilan media yang disajikan. Usahakan menarik dan tidak membosankan,” kata Yuki.

Yuki menyampaikan hal yang sering menjadi keresahan setiap orang ketika melakukan public speaking, yaitu krisis kepercayaan diri yang memberikan efek seseorang tidak percaya diri. Sebagai solusi, Yuki menyampaikan kiat-kiat untuk melatih kepercayaan diri, yaitu tenang, pemanasan, kenali pendengar, dan ikhlas.

Materi dilanjutkan dengan penyampaian empat kiat beretorika, yakni teknik vokal, kontak mata, gestur, dan humor.

“Yang utama dari public speaking adalah percaya diri. Jangan takut dan jadilah diri sendiri. Jadilah orang yang paham dan jadilah bagian dari mereka,” pungkas Yuki.

Reporter: Dwinanda Wuri Harsanti
Editor : Aulia Anjani

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa