FKIP – Webinar The Art of The Teaching hari kedua yang diselenggarakan oleh Sentra Kegiatan Islam (SKI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) membawakan materi “Peran Pemuda dalam Memajukan Pendidikan Bangsa.” Kegiatan yang dilaksanakan pada Minggu (19/9/2021) ini menghadirkan narasumber nasional yakni Ketua Bidang Humas dan Kelembagaan PP Persatuan Islam, Ust. T. Anwar Bachtiar.

Kegiatan yang dimoderatori oleh alumnus Pendidikan TIK FKIP UNS, Mohamad Darril Hermawan diawali dengan penjelasan peran pemuda berdasarkan tinjauan sejarah oleh Ust. Anwar

“Peran pemuda di masa lalu (misalnya Jong Jawa) cukup terlihat. Saat masyarakat Indonesia berada pada situasi kolonialisasi, pemuda berperan mempelopori pendidikan, seperti mendirikan sekolah-sekolah, tempat pelatihan, dan organisasi-organisasi,” papar Ust. Anwar.

Kemudian, Ust. T. Anwar Bachtiar menjelaskan alasan mengapa pemudalah yang penting mengambil peran dalam memajukan pendidikan. Hal ini dikarenakan pemuda diberikan kelebihan seperti kesehatan prima, keluangan waktu, serta tanggung jawab sosial yang belum banyak.

“Mengapa pemuda yang harus mengambil peran? Pertama, pemuda memiliki kesehatan yang prima. Usia muda tentu kesehatannya lebih baik dibandingkan usia-usia tua. Kedua, usia muda memiliki waktu luang yang sangat banyak. Ketiga, tanggung jawab yang dimiliki pemuda belum banyak. Pemuda belum dibebani tanggung jawab sosial di masyarakat, belum diamanahi hal-hal besar di masyarakat. Sehingga inilah keunggulan pemuda yang tidak dimiliki generasi tua,” sambung Ust. Anwar.

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Terdapat satu termin dengan tiga penanya. Dalam sesi ini, Ust. Anwar menambahkan pentingnya menumbuhkan budaya ilmu dalam mendidik. Pendidik dan orang tua sangat penting berkoordinasi dalam membangun budaya ilmu, mengarahkan anak menuju kebaikan, dan menumbuhkan semangat anak. Beliau juga menegaskan bahwa pentingnya menumbuhkan budaya ilmu akan meningkatkan semangat mencari ilmu, sehingga alternatif dan jalan mencapai kebaikan pun akan semakin banyak.

Reporter: Akhmad Mukhibun
Editor: Aulia Anjani

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa