FKIP – Himpunan Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin (KOMPRESI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelenggarakan Achievement Motivation Training dengan tema “Know Yourself, Know Your Success” melalui Zoom Meeting pada Minggu (17/10/2021).

Acara diawali dengan sambutan oleh Abdul Widayat Seno Adji selaku ketua panitia. Melalui sambutannya, Abdul menyampaikan tujuan dan harapan diadakannya kegiatan ini.

“Di masa pandemi Covid seperti saat ini, kita sangat membutuhkan motivasi khususnya di bidang prestasi. Harapannya, setelah mengikuti kegiatan ini teman-teman dapat lebih termotivasi, khususnya di bidang prestasi. Apalagi dengan pembicara yang luar biasa,” harap Abdul.

Acara ini menghadirkan narasumber Frandhoni Utomo selaku Ph.D. Student in Department of Mechanical Engineering, National Central University, Taiwan. Frandhoni memaparkan materi dengan tajuk “7 Habits of Highly Effective People”.

Frandhoni mengawali materi dengan pertanyaan why should I pay attention?

“Beban kerja dan stres dapat menyebabkan burnout. Ketika teman-teman dalam keadaan tersebut, usahakan jangan ambil keputusan apapun,” jelas Frandhoni.

Selanjutnya, Frandhoni menjelaskan tujuh poin yang disebutkan di awal pengenalan.

“Pertama, menjadi proaktif. Orang yang reaktif, cenderung mengeluh ketika dihadapkan suatu masalah. Beda dengan proaktif, orang yang proaktif akan memikirkan langkah yang harus dilakukan ketika dihadapkan suatu masalah. Orang yang proaktif akan mencari beberapa opsi untuk memecahkan berbagai masalah,” jelas Frandhoni.

Poin kedua yaitu mulai dari tujuan akhir. Tujuan akhir yang dimaksud adalah cita-cita yang diinginkan sesuai pribadi masing-masing. Dalam hal ini, definisi sukses setiap orang dapat berbeda-beda dan setiap orang berkesempatan untuk memiliki berbagai tujuan, mulai dari tujuan jangka pendek, menengah, dan panjang.

Poin ketiga yaitu dahulukan yang utama. Pada poin ini, Frandhoni membagikan time management yang digolongkan menjadi empat, yaitu urgent important, not urgent important, urgent not important, dan not urgent not important.

Poin keempat yaitu berpikir untuk saling menguntungkan. Poin kelima mencoba memahami untuk dipahami orang lain. Poin ke enam bersinergi. Terakhir, poin ke tujuh adalah asah gergaji, mulai dari fisik, mental, emosi, dan spiritual.

Acara diakhiri dengan dokumentasi bersama dan sesi tanya jawab sebanyak satu termin.

Reporter: Dwinanda Wuri Harsanti
Editor: Aulia Anjani

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa