FKIP – Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMP) Fisika Grafitasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar kegiatan donor darah pada Sabtu (9/10/2021). Kegiatan dilaksanakan secara luring di Lobi Gedung D FKIP UNS.

Kegiatan ini ditujukan bagi mahasiswa dan sivitas akademika UNS yang hendak melakukan donor darah. Kegiatan ini berlangsung sebagai bentuk kerja sama antara HMP Fisika Grafitasi FKIP UNS bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Surakarta.

Program donor darah ini merupakan salah satu program kerja rutin HMP Fisika Grafitasi yang dilaksanakan tiap tahunnya.

“Kegiatan donor darah merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Prodi Fisika Grafitasi. Umumnya, kegiatan ini dilaksanakan sebanyak dua kali satu tahun, tetapi karena situasi pandemi, kegiatan ini hanya terlaksana satu kali,” terang Artiwi, panitia penyelenggara kegiatan ini.

Artiwi menjelaskan bahwa peserta yang mengikuti program donor darah perlu mengikuti beberapa alur, seperti pendaftaran dengan mengisi data diri pada formulir Google. Setelah itu, masuk ke dalam grup Whatsapp melalui tautan yang disediakan, serta koordinasi melalui ruang grup Whatsapp.

“Langkah yang dilakukan untuk bisa mengikuti kegiatan donor darah yakni pendaftaran dan penjelasan teknis kegiatan melalui grup Whatsapp. Selain itu, untuk memastikan bahwa pendonor bisa mendonorkan darahnya yakni melalui screening kesehatan. Setelah itu dinyatakan boleh dan tidaknya mengikuti donor darah,” sambung Artiwi.

Artiwi juga memaparkan situasi pandemi yang terjadi ini membuat panitia perlu persiapan ekstra guna menyelenggarakan kegiatan ini. Penyelenggaraan kegiatan ini sangat memperhatikan perkembangan situasi Covid-19, serta upaya mitigasi yang dapat dilakukan.

“Persiapan dari panitia untuk penyelenggaraan kegiatan ini meliputi peninjauan kondisi dan situasi sekitar, perizinan dan peminjaman tempat, persiapan alat dan keperluan lainnya, serta melakukan desain lobi gedung D agar menjadi tertutup,” lanjut Artiwi.

Artiwi berharap agar ke depan, kegiatan ini dapat terlaksana lagi dengan persiapan yang lebih matang. Terlebih, menurutnya, kegiatan ini sangatlah positif serta dapat memupuk rasa empati dan kepedulian terhadap sesama.

“Harapannya kegiatan yang positif ini dapat menumbuhkan rasa empati antarmasyarakat, serta menumbuhkan rasa kepedulian antarsesama manusia. Ke depannya, kegiatan ini semoga bisa dipersiapkan lebih baik lagi, dapat dilaksanakan dua kali satu tahun, dan partisipasi sivitas akademika UNS juga semakin bertambah lagi,” pungkas Artiwi.

Reporter: Akhmad Mukhibun
Editor: Zalfaa Azalia Pursita

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa