FKIP – Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelenggarakan Socialization of Journal, Seminars, and Scripts (Sour Secript) melalui Zoom Cloud Meeting pada Minggu (3/10/2021).

Acara ini dibuka secara langsung oleh Dr. Triyanto S.Si., M.Si. selaku Kepala Program Studi (Kaprodi) Pendidikan Matematika. Dalam sambutannya, Dr. Triyanto menyampaikan harapannya agar setiap mahasiswa Pendidikan Matematika dapat memiliki kemampuan menyusun jurnal.

“Target kita, nanti akan belajar menyusun jurnal. Harapannya, setiap mahasiswa nantinya bisa membuat jurnal,” kata Dr. Triyanto.

Kegiatan ini dimoderatori oleh Sri Lestari selaku mahasiswa Pendidikan Matematika. Terdapat tiga pemateri yang merupakan dosen Pendidikan Matematika FKIP UNS yaitu Arum Nur Wandari, S.Pd., M.Pd., Dr. Laila Fitriana, S.Pd., M.Pd., dan Henny Ekana C., S.Si., M.Pd.

Pembicara pertama, Dr. Laila Fitriana, S.Pd., M.Pd. menyampaikan materi mengenai seminar, khususnya seminar matematika. Di awal pemaparan, Dr. Laila menyampaikan tujuan adanya seminar matematika.

“Tujuannya yaitu agar setiap mahasiswa bisa mengembangkan topik matematika murni secara mandiri,” jelas Dr. Laila.

Bidang kajian yang dapat ditulis bisa berupa temuan baru, materi yang belum pernah diberikan pada perkuliahan, atau materi pengembangan. Selanjutnya, Dr. Laila menjelaskan mengenai syarat dan proses pendaftaran seminar matematika, proses bimbingan, dan ujian. Ia juga memberikan beberapa contoh judul seminar matematika sebagai gambaran bagi peserta Sour Secript.

Pembicara kedua, Henny Ekana C., S.Si., M.Pd. menyampaikan materi tentang skripsi. Sebelum menyampaikan materi, Henny menanyakan pendapat peserta mengenai skripsi. Kemudian, ia memaparkan materi yang diawali dengan pengertian dan isi skripsi. Lebih lanjut, Henny memaparkan materi yang dapat dijadikan sebagai topik skripsi.

“Topik yang dapat dijadikan sebagai topik, bisa berupa apapun yang berkaitan dengan pembelajaran matematika di SMP atau SMA,” kata Henny.

Pembicara ketiga, Arum Nur Wandari, S.Pd., M.Pd. memaparkan materi tentang jurnal. Arum mengatakan bahwa penyusunan jurnal bisa berdasarkan skripsi yang telah dikerjakan. Arum juga menyajikan perbandingan antara alur lama dan alur baru pengurusan artikel jurnal. Selanjutnya, pemateri menampilkan contoh-contoh artikel jurnal yang sudah terbit. Kegiatan diakhiri dengan sesi foto bersama dan permainan dari panitia.

Reporter: Dwinanda Wuri Harsanti
Editor: Zalfaa Azalia Pursita

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa