FKIP – Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi (Biosfer) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar kegiatan Dusun Binaan Biosfer di Mipitan RT 1 dan 3 RW 36 Desa Mojosongo, Jebres, Surakarta secara daring dan luring pada Minggu (17/10/2021).

Kegiatan ini merupakan agenda tahunan rutin dari divisi pengabdian masyarakat yang dilaksanakan satu kali dalam satu periode kepengurusan. Kegiatan ini bertujuan menumbuhkan kesadaran terhadap lingkungan, mengembangkan keterampilan nonteknis, dan sebagai langkah awal mahasiswa untuk terjun ke masyarakat secara langsung.

Titi Yuliatun selaku ketua pelaksana kegiatan Dusun Binaan Biosfer menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 37 pengurus Biosfer dan masyarakat Dukuh Mipitan.

“Kegiatan diikuti 37 pengurus Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi FKIP UNS dan masyarakat Dukuh Mipitan,” tutur Titi.

Kegiatan dusun binaan merupakan acara yang berlangsung secara berkala. Pada acara pembukaan, kegiatan diawali dengan kajian seminar yang ditujukan kepada masyarakat tentang produk eco print. Dalam hal ini, panitia bekerja sama dengan Etlo.id.

“Kegiatan yang diadakan hari Minggu merupakan grand opening dari kegiatan Dusun Binaan Biosfer yang mana berisikan kajian seminar bagi masyarakat Dusun Mipitan terkait dengan produk eco print. Dalam kegiatan ini, masyarakat mendengarkan seminar mengenai produk eco print dari Etlo.id,” jelas Titi.

Sebagai bentuk tindak lanjut, kegiatan akan disambung dengan pelatihan pembuatan produk eco print, dan diakhiri dengan penutupan. Titi juga menyampaikan harapan dari adanya seminar yang diselenggarakan di awal kegiatan. Ia mengungkapkan harapannya mengenai kesadaran masyarakat untuk mengembangkan produk eco print.

“Harapannya, masyarakat akan tergerak untuk mengembangkan produk eco print yang bertujuan untuk menjaga lingkungan dan juga taraf hidup masyarakat,” harap Titi.

Dari kegiatan ini, Titi mengutarakan luaran yang ingin dicapai setelah kegiatan dilaksanakan.

“Setelah mengikuti kegiatan ini, harapannya masyarakat dan mahasiswa yang terlibat mendapat manfaat, salah satunya yakni mengetahui pembuatan produk eco print dan mengembangkan produk eco print tersebut agar dapat membantu mengembangkan taraf hidup masyarakat Mipitan,” kata Titi.

Di akhir wawancara, Titi menyampaikan rencana yang dilaksanakan mengenai kegiatan Dusun Binaan Biosfer.

“Semoga acara ini akan dilanjutkan dan dibenahi mekanismenya, sehingga terjadi peningkatan terhadap pembinaan masyarakat Dusun Mipitan,” pungkas Titi.

Reporter: Dwinanda Wuri Harsanti
Editor: Zalfaa Azalia Pursita

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa