FKIP – Ikatan Alumni (IKA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelenggarakan wedangan IKA UNS Seri 76 dengan tajuk “Panggung Wirausaha Alumni FKIP UNS” melalui Zoom Meeting dan disiarkan secara langsung melalui kanal youtube UNS dan saluran TVRI pada Rabu (22/9/2021).

Kegiatan dibuka secara langsung oleh Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum. selaku rektor UNS. Dalam sambutannya, Prof. Jamal mengatakan bahwa alumni FKIP UNS tidak hanya berpeluang menjadi guru, tetapi juga bisa menjadi entrepreneur.

“Alumni FKIP UNS sudah melesat dari kebiasaan yang ada, karena alumni FKIP UNS identik dengan menjadi guru, dosen. Tetapi, lima pembicara kita sudah keluar dari pakem dengan menjadi pengusaha yang mandiri dan mempekerjakan banyak tenaga kerja,” kata Prof. Jamal.

Acara dipandu oleh moderator Susantiningrum, S.Pd., S.E., M.AB. yang merupakan dosen Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran. Acara wedangan menghadirkan lima pembicara, yaitu Dr. Soeprayitno, M.BA, M.Sc. selaku multipreneur – anggota MWA UNS, Ir. Drs. Eko Nugroho BP, M.M. selaku CEO PT Gemarang Terapanindo Argayasa, Drs. H. Joko Sutrisno, M.Pd. selaku entrepreneur multiusaha, M. Farid Sunarto, S.Pd., M.Si selaku Direktur Sasa Sentra Subur, dan Adi Nurcholis, S.Pd., M.Sc. selaku direktur Adhiguna Jayalab.

Pembicara pertama, Dr. Soeprayitno, M.BA, M.Sc. berperan sebagai pemantik menyampaikan materi dengan interaksi bersama peserta mengenai “How with Your DNA”. Selanjutnya, Soeprayitno menyampaikan materi mengenai how start the business, how to start a business, dan roadmap multipreneur. Diakhir pemaparan, Soeprayitno menutup dengan memberikan closing statement.

“Hidup itu harus hebat, luas, kuat, besar, dan bermanfaat. Yang sederhana adalah sikapnya!” pungkas Soeprayitno.

Pemateri kedua, Ir. Drs. Eko Nugroho BP. M.M membagikan pengalamannya selama menjalani profesi sebagai wirausaha. Eko mengaku mengawali karirnya sebagai engineer di PT Berka Indonesia hingga akhirnya ia memutuskan untuk memulai usahanya secara mandiri. Selanjutnya, Eko menyampaikan beberapa resep dalam memulai usaha yang ia terapkan.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian wejangan terkait alumni FKIP UNS yang menjadi wirausaha oleh Dr. Mardiyana, M.Si selaku Dekan FKIP UNS.

“Harapannya, setelah lulus, alumni FKIP bisa langsung bekerja, melanjutkan studi, dan mengembangkan wirausaha. Kurikulum saat ini sudah didesain agar mahasiswa dapat berwirausaha sejak dini,” kata Mardiyana.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dari M. Farid Sunarto, S.Pd., M.Si dan Adi Nurcholis, S.Pd., M.Sc. Kemudian diakhiri dengan sesi tanya jawab dan closing statement dari Dr. Jono, M.Pd. selaku Wakil Dekan Perencanaan, Kerjasama Bisnis, dan Informasi FKIP UNS.

“Harapannya, paradigma kerja sama antara alumni dengan kampus bisa terjalin,” pungkas Dr. Djono.

Reporter: Dwinanda Wuri Harsanti
Editor: Aulia Anjani

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa