FKIP – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan kegiatan FKIP Siap Mengabdi (FSM) 2021 sebagai bentuk perwujudan Asas Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat. Kegiatan ini diadakan selama dua hari yakni pada Sabtu-Minggu (30-31/10/2021) di Dusun Karangwinangun, Desa Tepisari, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo.

Kegiatan hari pertama berupa kegiatan pengajaran. Kegiatan tersebut terdiri dari pengajaran di SD Negeri 2 Tepisari dan pengajaran TPQ di Dusun Karangwinangun pada Sabtu (20/10/2021). Adapun, kegiatan kedua berupa kegiatan bakti sosial. Kegiatan tersebut terdiri dari kegiatan pembagian sembako dan cek kesehatan gratis bagi warga di Dusun Karangwinangun.

Tegar Fakhrizal selaku Ketua Panitia FSM 2021 menjelaskan bahwa kegiatan ini memiliki tujuan yang lebih condong ke arah pendidikan. Adapun, tujuan dari FSM itu sendiri yaitu untuk menanamkan pendidikan karakter kepada anak di Dusun Karangwinangun, serta memberikan pelayanan dan bantuan kepada warga di sana.

“Mengingat FKIP sendiri berlatar belakang pendidikan atau keguruan, tujuan dari FSM juga lebih mengarah ke pendidikan. Tujuan dari FSM tahun ini yaitu memberikan pendidikan karakter kepada anak-anak di sekitar Desa Tepisari, seperti menanam kepedulian, kreativitas, serta tanggung jawab kepada mereka. Selain itu, FSM juga memiliki tujuan untuk memberikan dampak positif kepada masyarakat di sana. Misalnya, berusaha memberikan pelayanan dan membantu meringankan beban masyarakat di sana,” jelas Tegar.



Ke depan, Tegar berharap kegiatan ini bisa mengantarkan panitia dan relawan yang merupakan calon pendidik untuk mendapatkan pengalaman mengabdi di masyarakat dan menambah kompetensi yang akan dimilikinya sebagai calon guru. Tegar berharap silaturahmi antar rekan-rekan panitia dan relawan FSM 2021 tetap terjaga. Lebih lanjut, Tegar juga berharap dengan kegiatan ini, masyarakat di sana merasa terhibur dan terbantu.

“Semoga dengan mengikuti kegiatan ini, rekan-rekan panitia dan volunteer sebagai calon pendidik mendapatkan pengalaman mengabdi. Mereka juga bisa meningkatkan kepribadiannya, menambah sisi sosialnya, mengolah ilmu yang sudah didapat, dan menjadi pribadi yang profesional. Saya berharap komunikasi diantara kita tetap terjaga, meskipun kegiatan sudah selesai. Untuk masyarakat sendiri, saya berharap adanya FSM ini dapat mengenalkan dunia kampus dengan masyarakat, sehingga komunikasi dan silaturahmi kami dapat terjalin. Lebih lanjut, semoga masyarakat merasa senang dan terbantu,” harap Tegar.

Reporter: Rosantika Utami
Editor: Zalfaa Azalia Pursita

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa