FKIP – Himpunan Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran (Himapaksi) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar Webinar Nasional Kewirausahaan UNS pada Sabtu (20/11/2021). Webinar ini mengusung tema “Inspiring Young Entrepreneurs to Take Advantage of Digital Technology to Build Start-Up.

Kegiatan webinar nasional ini menghadirkan pemilik Pukis Badran sekaligus Dosen Sekolah Vokasi UNS, Renata Zoraifi dan pemilik Bronis Lur sekaligus mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Sejarah FKIP UNS, Fiska Amanda. Acara ini dimoderatori oleh mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP UNS, Arini Nurfadilah.

Kegiatan dibuka oleh Wakil Dekan Perencanaan, Kerja Sama Bisnis, dan Informasi FKIP UNS, Dr. Djono, M.Pd. Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa webinar kewirausahaan merupakan kegiatan yang penting terlebih dengan pembicara yang luar biasa.

“Kegiatan webinar wirausaha merupakan event yang penting dengan menghadirkan pembicara yang luar biasa. Harapannya, kegiatan ini dapat menumbuhkan semangat berwirausaha bagi mahasiswa, terlebih mengenai wirausaha di era digital,” papar Dr. Djono.

Selanjutnya, pemaparan materi disampaikan langsung oleh Renata Zoraifi. Ia menyampaikan materi mengenai Young Entepreneur and Start up.

“Wirausaha muda harus memiliki semangat yang gigih untuk berwirausaha. Ketika menjadi wirausaha harus pantang menyerah sebab Anda masih punya banyak kesempatan. Belajar dari pengalaman, mencari mentor, dan meminta pertimbangan dari mentor,” ujar Ranata.

Renata melanjutkan pemaparannya mengenai filosofi drama Start Up.

“Dari drama Start Up kita bisa belajar tentang semangat pantang menyerah. Contohnya bagaimana mereka mencoba membuat perusahan rintisan yang pada akhirnya benar-benar sukses besar. Kita juga belajar untuk tidak takut dikritik, menerima kritik dengan lapang hati, dan mengambil aksi untuk memeperbaiki hal yang dikritik. Kemudian, ada kerja sama yang sangat penting dalam tim,” papar Renata.

Renata melanjutkan dengan memberikan tips pembelajaran wirausaha yaitu tahu apa yang diinginkan, jangan berharap memulai dengan sempurna, selalu utamakan konsumen, sukses adalah proses bertahap, dan jangan takut gagal.

Pemaparan selanjutnya disampaikan oleh Fiska Amanada. Ia memaparkan materi tentang pengalaman mengawali wirausaha guna menjadi wirausaha yang luar biasa.

“Untuk menjadi seorang wirausaha yang dibutuhkan utamanya adalah keuletan. Profesi wirausaha tidak membutuhkan syarat yang sulit, tidak membutuhkan latar belakang studi tertentu, ataupun tidak melulu harus dari kalangan yang berada,” jelas Fiska.

Fiska menambahkan meskipun syarat wirausaha tidak sulit, kegiatan wirausaha di dunia kampus belum banyak dilakukan. Hal ini umumnya karena pola pikir wirausaha belum terbentuk. Fiska menyampaikan bahwa untuk berwirausaha yang perlu dilakukan adalah eksekusi atau mengambil aksi.

“Yang perlu dilakukan untuk memulai usaha yakni adanya motivasi, mindset seorang wirausaha, dan yang terpenting adalah mewujudkannya dengan melakukan aksi,” pungkas Fiska.

Reporter: Akhmad Mukhibun
Editor: Zalfaa Azalia Pursita

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa