FKIP – Himpunan Mahasiswa Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan Bisik PKM atau Bincang Asik Program Kreativitas Mahasiswa. Bisik PKM merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh HMP Fisika Grafitasi untuk memfasilitasi mahasiswa terkait informasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Kegiatan Bisik PKM dilakukan secara daring melalui Zoom Meeting. Kegiatan yang dilaksanakan pada Minggu (31/10/2021) ini turut menghadirkan pembicara Ahmad Rifki Hardiansyah selaku perwakilan UNS di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 34.

PKM merupakan salah satu program untuk meningkatkan kualitas mahasiswa di perguruan tinggi negeri melalui kreativitas dan karya ilmiah. Kaitannya dengan kreativitas karya menurutnya terdapat berbagai cara untuk menemukan ide kreatif pada Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) seperti mengamati masalah yang terjadi di masyarakat, survei literatur, bermanfaat langsung dalam masyarakat, temukan materi menarik dalam perkuliahan, dan ide ekstrim kaitannya dengan kesulitan dalam pengumpulan data.

“Cari materi yang unik, serta hasil yang berbeda dengan yang ada, jika pun sudah ada harus ada pengembangan, bergantung juga pada pengemasan judul, usahakan judul semenarik mungkin,” ungkap pria yang juga Awardee Beasiswa Rumah Kepemimpinan.

 

Lebih lanjut Rifki juga menegaskan mengenai fokus mempelajari ide tentang PKM yang telah dibuat. Adapun dalam PKM terdapat bidang-bidang karya, antara lain PKM-Riset berupa Riset Eksakta (RE) dan Sosial Humaniora (RSH), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian Masyarakat (PKM-PM), PKM-Penerapan IPTEK (PKM-PI), PKM-Karsa Cipta (PKM-KC), PKM-Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK), PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT), dan PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI).

“Jika ada ide tentang PKM-K, maka bisa mempelajari tentang ilmu kasrani, yakni ilmu tentang bagaimana komposisi-komposisi makanan tersebut enak dirasakan. Bagaimana perbandingan bahan serta menemukan alasan makanan tersebut berbeda atau enak dirasakan,” terangnya.

Selanjutnya, Rifki menyampaikan bagaimana cara membentuk tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), seperti anggota harus bertanggung jawab, lintas prodi dan angkatan, sesuai kebutuhan dan tidak terburu-buru, teman atau tim menguasai topik. Ia pun menceritakan bahwa dalam tim juga terdapat banyak kesulitan yang nantinya bakal dihadapi bahkan terdapat resiko dalam pengumpulan data seperti terkena Covid-19, penolakan hingga pulang dengan tangan kosong.

“Masa sulitnya saat anggota tim kami terkena covid-19, setiap hari kami harus bergiliran mengumpulkan data. Saat pengumpulan data mungkin saja akan terjadi penolakan, solusinya sedikit dibawakan makanan atau tidak dengan tangan kosong,” jelasnya.

Reporter: Muhammad Muzaqqi
Editor: Aulia Anjani

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagra.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa