FKIP – Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi (Himanomi) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelenggarakan kegiatan dusun binaan (dusbin) di Desa Gulon RW 20, Jebres, Surakarta. Kegiatan ini berlangsung selama tujuh bulan, yakni selama April-Oktober dengan penanggung jawab Andreas Handika Setiawan dan Gangga Santika Alvidya Putri Refindra.

Dusun binaan atau dusbin merupakan salah satu program kerja dari Himanomi yang pelaksanaannya melibatkan anak-anak di desa Gulon. Pada pelaksanaannya, dusun binaan dilakukan menggunakan dua metode, yakni daring dan luring dengan memperhatikan situasi dan kondisi. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Sabtu dalam kurun waktu tujuh bulan.

Kegiatan ini ditujukan untuk mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Ekonomi FKIP UNS dan anak-anak di Desa Gulon. Tujuan dari kegiatan dusbin ini untuk menyalurkan ilmu dan mengembangkan potensi anak-anak peserta dusun binaan, menumbuhkan kepedulian mahasiswa terhadap masyarakat sekitar, dapat digunakan sebagai latihan mengajar bagi mahasiswa.

Sebelum melaksanakan kegiatan dusun binaan ini, panitia terlebih dahulu melakukan survei untuk menentukan lokasi yang tepat. Selanjutnya, panitia mengawali dengan pembukaan perdana dengan mengundang Kepala Program Studi (Kaprodi) Pendidikan Ekonomi FKIP UNS, Ketua RW 20 Desa Gulon secara daring, dan anak-anak peserta dusun binaan secara luring.

Dalam rangkaian acaranya, dusun binaan Himanomi melakukan kegiatan belajar bersama anak-anak RW 20 Desa Gulon, membuat kerajinan, bermain bersama, dan kegiatan bermanfaat lainnya yang dapat menyalurkan minat dan bakat anak-anak. Kegiatan ini diakhiri dengan penutupan yang dilaksanakan pada akhir bulan Oktober 2021.

Panitia pelaksana berharap dengan adanya program kerja ini, mahasiswa mampu menyalurkan minat dan bakat kepada anak-anak di Desa Gulon RW 20, Jebres sehingga peserta dusun binaan dapat mengambil pelajaran dan manfaat. Selain itu, panitia berharap kegiatan ini mampu mempererat tali silaturahmi antara mahasiswa dengan masyarakat Desa Gulon RW 20.

Oleh karena itu, Alma sebagai ketua panitia kegiatan dusun binaan Himanomi menyampaikan rencana yang akan dilakukan terkait kegiatan ini.

“Rencananya jika tidak ada halangan besar, dusun binaan bisa terus dilaksanakan di tahun-tahun selanjutnya karena banyak manfaat yang bisa diambil dari program kerja ini. Semoga dusun binaan di tahun-tahun selanjutnya dapat dilaksanakan dengan lebih baik, konsep acara lebih matang, dan manfaat yang didapatkan juga lebih banyak,” jelas Alma.

Reporter: Dwinanda Wuri Harsanti
Editor: Zalfaa Azalia Pursita

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa