FKIP – Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Pendidikan Matematika (Himmadika) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar kajian secara daring ke-2 melalui Zoom Cloud Meeting pada Sabtu (13/11/2021).

Acara ini mengusung tema “Keutamaan Menuntut Ilmu dalam Islam”. Acara dipandu oleh Salma Fadila Al-Azhar dengan moderator Afrimafiska Septian Da Silva. Narasumber yang dihadirkan yakni Dr. Triyanto, S.Si, M.Si. selaku Kepala Program Studi (Kaprodi) Pendidikan Matematika FKIP UNS.

Dr. Triyanto mengawali kajian dengan menampilkan kondisi yang ada.

“Hidup ini pilihan dan setiap pilihan ada konsekuensinya tetapi yang sering terjadi, hasil tidak sesuai yang diharapkan. Ini menjadi perhatian kita,” kata Dr. Triyanto dengan menampilkan contoh relevan.

Oleh karena itu, Dr. Triyanto memberikan motivasi bahwa gagal bukan awal sebuah keputusasaan, namun awal memulai sebuah kesuksesan. Menurutnya, jika gagal maka coba lagi, gagal coba lagi, apabila gagal lagi atur cara yang baru.


Selanjutnya, Dr. Triyanto menyampaikan tiga hal yang menjadi bekal manusia menuju akhirat agar tidak rugi, yaitu jadilah orang yang benar, kerjakan yang benar, dan mengajak dalam kebenaran.

“Jadilah orang yang benar yaitu orang yang beriman. Kerjakan yang benar yaitu amal saleh. Lalu, kita mengajak dalam kebenaran dengan berdakwah,” jelas Dr. Triyanto.

Kemudian, Dr. Triyanto menjelaskan jika tiket utama menuju akhirat adalah ilmu.

“Iman sangat fluktuatif dan ditentukan dengan posisi kita. Maka, iman perlu di-recharge, salah satunya dengan ilmu. Di dalam Islam, iman harus diteguhkan. Dengan ilmu, iman dikuatkan. Pembuktian dari iman itu diamalkan dan semuanya disempurnakan dengan ikhlas,” jelas Dr. Triyanto.

Dr. Triyanto memaparkan mengenai hukum menuntut ilmu, di mana menuntut ilmu itu wajib atas setiap Muslim. Dilanjutkan dengan kedudukan ilmu dalam Islam.

Pemaparan dari Dr. Triyanto diakhiri dengan menampilkan salah satu hadist riwayat At-Tirmidzi.
“Apabila kalian berjalan melewati taman-taman surga, perbanyaklah berzikir. Para sahabat bertanya, ‘Wahai Rasulullah, apakah yang dimaksud taman-taman surga itu?’ Nabi menjawab ‘Yaitu halaqah-halaqah zikir (majelis ilmu)’,” paparnya.
Kegiatan diakhiri dengan sesi diskusi dan tanya jawab.

Reporter: Dwinanda Wuri Harsanti
Editor: Zalfaa Azalia Pursita

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa