FKIP – Himpunan Mahasiswa Bimbingan dan Konseling (Himabiko) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar webinar nasional Guidance and counseling project ke-7 dengan tema “Care and Dedication Based on Love” pada Sabtu (13/11/2021).

Acara dibuka secara langsung oleh Dr. Mardiyana, M.Si. selaku dekan FKIP UNS. Dalam sambutannya, Mardiyana menyampaikan mengenai relevansi kegiatan webinar ini dengan program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM).

“Tema yang diambil saya kira sangat tepat untuk menyelesaikan masalah-masalah pada saat ini, sehingga nanti ilmu-ilmu yang diberikan para narasumber dapat diterapkan oleh adik-adik mahasiswa untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat, sehingga ikut berkontribusi menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat. Kegiatan ini juga dapat dikaitkan dengan program merdeka belajar kampus merdeka, saya kira ini sangat relevan,” jelas Mardiyana.

Yulia Sahaja, D.P., M.Psi., Psikolog, seorang Clinical psychologist dan founder @ypsychologist.id menyampaikan materi dengan tajuk “Talk About Care and Dedication Based on Love Bekerja dari Hati ke Hati”.

“Bekerja dari hati ke hati itu ketika kita melakukan dari hati, maka yang diharapkan kembali bukan materi tapi kebahagiaan yang hakiki,” kata Yulia di awal pemaparannya.

Kemudian, Yulia menyampaikan mengenai perbedaan simpati dan peduli, alasan manusia harus memiliki sifat peduli, dan pentingnya sifat peduli. Selain itu, Yulia juga menyampaikan materi dengan beberapa kisah yang sesuai dengan materi. Yulia juga menyampaikan mengenai kepedulian dalam pengabdian penuh dedikasi dari hati.

“Bekerja dengan hati sama dengan bekerja dengan menggunakan semua fasilitas dalam diri yang dimiliki,” kata Yulia.

Pemaparan dari Yulia diakhiri dengan closing statement, kutipan dari Maya Angelou.

“Bahwa orang-orang bisa melupakan apa yang kita ucapkan, orang-orang bisa melupakan apa yang kita lakukan, tapi orang-orang tidak akan bisa melupakan, bagaimana kita membuat mereka mampu merasa,” pungkas Yulia.

Selanjutnya, Deska Triani Arifin, seorang mental health promotor dan influencer mengawali pemaparannya secara interaktif dengan menanyakan perasaan peserta selama satu tahun terakhir (pandemi).

Kemudian, Deska memaparkan mengenai dampak psikologis selama pandemi, pentingnya kepedulian di masa pandemi, manfaat peduli terhadap diri sendiri, sesama, dan lingkungan, serta cara menumbuhkan peduli sesama.

Pemaparan dari Deska diakhiri dengan closing statement dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab untuk kedua narasumber sebagai penutup.

“Ketika kita menolong orang lain, sebenarnya kita sedang menolong diri sendiri. Percayalah, Tuhan akan membalas kebaikanmu dengan yang lebih indah,” pungkas Deska.

Reporter: Dwinanda Wuri Harsanti
Editor: Aulia Anjani

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa