FKIP – Kementerian Media dan Komunikasi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan(FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelenggarakan kelas media kedua.

Acara dibuka dengan sambutan oleh Alqis Bahnan selaku Presiden BEM FKIP UNS. Dalam sambutannya, Alqis menyampaikan tujuan diselenggarakannya kelas media ini.

“Ketika kita berbicara tentang digitalisasi, pasti yang kita ingat adalah perkembangan teknologi. Apakah kita sudah siap? Tentunya kesiapan tersebut harus didasari dan dibekali oleh ruang-ruang yang bisa mengaktualisasikan apa yang kita punya dalam sebuah kelas. Kelas media ini diciptakan agar kita menambah wawasan, soft skills, dan kepercayaan diri kita mengenai urgensi digitalisasi dan bagaimana kita harus menyikapinya,” jelas Alqis.

Kegiatan dilanjut dengan pemaparan materi oleh pembicara, Firman Adiyuda, mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (PTIK) dan penggemar IT serta multimedia. Firman mengawali pemaparan dengan membahas mengenai pengertian video.

“Video itu kan kumpulan gambar-gambar yang bergerak yang dijadikan satu menjadi satu kesatuan. Biasanya kalau orang luar menyebutnya moving picture,” kata Firman.

Selanjutnya, Firman menyampaikan perbedaan videografi dan sinematografi. Videografi mementingkan konsep dan teknik pengambilan gambar, menggunakan elemen tersebut sebagai dasar membentuk cerita. Sementara sinematografi memiliki fokus utama elemen visual. Bagaimana permainan gambar, warna, bahkan cahaya dapat memengaruhi emosi penonton.

“Vidiografer sudah pasti mengoperasikan kamera, melakukan proses editing, dan mampu bekerja seorang. Sementara simatografer memikirkan elemen visual yang akan ditampilkan pada layar dan melakukan produksi dalam skala besar,” tutur Firman.

Kemudian, Firman menjelaskan mengenai elemen visual yang terdapat di sinematografi, tetapi elemen tersebut juga digunakan pada videografi.

“Ada banyak elemen visual yang harus dipahami. Ada ¬shape, shot size, angle, movement, lighting, exposure, colour, dan composition,” papar Firman.

Selanjutnya, Firman menjelaskan masing-masing elemen visual yang tersedia dan pemanfaatannya dalam videografi. Selain itu, Firman memberikan contoh penggunaannya kepada peserta kelas media.

Acara dilanjut dengan sesi tanya jawab dan diakhiri dengan sesi dokumentasi.

Reporter: Dwinanda Wuri Harsanti
Editor: Aulia Anjani

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa