FKIP – Sentra Kegiatan Islam (SKI) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelenggarakan Seminar Kewirausahaan Islam pada Minggu (14/11/2021). Kegiatan seminar ini mengusung tema ”How to Be A Great Young Moslem Entrepreneur”.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan maksud mencari ilmu mengenai bagaimana menjadi wirausaha Muslim yang hebat, pengusaha Muslim yang memiliki prinsip keislaman, dan menjadikan usaha sebagai sarana berdakwah.

“Tujuan pelaksanaan kegiatan ini guna menambah pengetahuan mengenai wirausaha Muslim yang baik, bagaimana menjadi wirausaha Muslim yang hebat yang sesuai dengan ajaran Rasulullah, dan mampu menjadikan kegiatan wirausaha sebagai sarana berdakwah,” papar ketua kegiatan dalam sambutan yang diberikan.

Kegiatan dimoderatori oleh mahasiswa PGSD Surakarta, Joko Tri Widianto. Pemateri dalam kegiatan ini yakni pendiri Sekolah Saudagar, Rendra Mochtar Habibie. Ia menyampaikan materi mengenai cara menjadi wirausaha Muslim yang mendunia. Rendra menjelaskan tata cara atau langkah memulai bisnis.

“Dalam memulai bisnis, banyak pemula mempermasalahkan mengenai ketidakpunyaan modal. Padahal itu bukan hal yang paling penting dalam memulai usaha. Memulai usaha perlu dimulai dengan niat yang benar, kemauan yang kuat, mental baja, ilmu berbisnis, memperbanyak relasi, meningkatkan ilmu baru, memiliki mentor” jelas Rendra.

Rendra melanjutkan penjelasannya mengenai maksud niat yang benar.

“Maksud yang benar berarti ketika berbisnis perlu mengetahui keinginan diri. Niat yang dibuat disarankan tidak hanya satu sehingga membuat motivasi akan terus ada. Sebagai contoh, ketika punya usaha diniatkan untuk membantu anak yatim, mengangkat derajat orang tua, menghajikan orang tua, dan sebagainya. Semakin diperbanyak niat, diharapkan motivasi berwirausahanya akan terus ada dan kuat,” lanjut Rendra.

Rendra meneruskan dengan konsep kemauan yang kuat dan mental baja.

“Kemauan berwirausaha harus ditumbuhkan, sebagaimana hadis Nabi bahwa dari sepuluh pintu rezeki, usaha merupakan salah satunya. Kemauan yang kuat ditunjukkan dengan ikhtiar dalam wujud kemauan, tekad, usaha, dan doa,” lanjut Rendra.

Rendra menambahkan bahwa dalam pengembangan bisnis juga harus berbekal ilmu dan menambahkan ilmu, seperti mengenai bisnis yang baik dan halal, mengetahui konsep keuangan, strategi pemasaran, pemasaran digital, dan jalinan pengembangan kemitraan.

Dalam paparannya, Rendra turut berbagi tips berwirausaha agar sukses dunia akhirat, diantaranya niatkan untuk menebar manfaat, target dan aksi yang jelas, alokasikan untuk sedekah, dan memulaikan orang tua serta, dalam berbisnis harus menjadi orang yang jujur, amanah, benar, dan cerdas sebagaimana ajaran Rasulullah.

Reporter: Akhmad Mukhibun
Editor: Zalfaa Azalia Pursita

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa