FKIP – Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Pendidikan Administrasi Perkantoran (Himadistra) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar webinar secara daring melalui Zoom Cloud Meeting pada Sabtu (20/11/2021).

Webinar dibuka secara langsung oleh Prof. Dr. Slamet Subiyantoro, M.Si. selaku Wakil Dekan 1 Bidang Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan. Dalam sambutannya, Prof. Slamet menyampaikan pentingnya waktu.

“Waktu itu kalau tidak dimanfaatkan, ibaratnya seperti pedang yang akan menghunus kita. Waktu itulah yang akan membentuk, menempa, dan mendorong kita untuk menulis tinta emas di lembaran kita masing-masing. Siapapun yang menghargai dan disiplin, mampu mengelola waktu dengan sebaik-baiknya maka akan mendapatkan hasil yang terbaik,” ucap Prof. Slamet dalam sambutannya.

Webinar ini mengusung tema “Pentingnya Manajemen Waktu dalam Kehidupan Mahasiswa”. Roulina Br Sihaloho, S.Pd. selaku pembicara pertama menyampaikan materi dengan tajuk “Manajemen Waktu: Memulai atau Menyesal”. Roulina memulai pemaparan materi dengan mengajak peserta menentukan tujuan setelah lulus studi (kuliah).

“Manajemen waktu adalah pengaturan diri dalam menyikapi waktu seefektif dan seefisien mungkin dengan melakukan penjadwalan, memiliki kontrol atas waktu, membuat skala prioritas, keinginan yang terorganisir, dan tidak menunda-nunda pekerjaan,” jelas Roulina.

Dengan melakukan manajemen waktu, seseorang dapat meningkatkan keteraturan hidup, percaya diri, disiplin dan lain sebagainya. Namun, beberapa mahasiswa mengalami hambatan-hambatan mengelola waktu selama kuliah daring, diantaranya zona nyaman, membantu orang tua, ajakan nongkrong, media sosial, kegiatan mendadak, dan lingkungan belajar.

Roulina juga mengaitkan hubungan manajemen waktu dengan personal branding, dimana seseorang yang memiliki manajemen waktu yang baik akan memiliki sifat kreatif, inovatif, kualitas hidup, dan kepribadian yang baik.

Pemaparan dari Roulina diakhiri dengan closing statement dan sesi tanya jawab.

“A man who dares to waste one hour of time has not discovered the value of life,” pungkas Roulina.

Selanjutnya pemaparan oleh Riana Isti Muslikhah, M.Pd. yakni seorang dosen di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Riana memaparkan materi dengan tajuk “Manajemen Waktu bagi Mahasiswa”. Riana mengawali dengan menyampaikan pengertian dari manajemen waktu.

“Kita semua mempunyai persediaan waktu yang sama. Beberapa orang dalam situasi kerja yang sama, dapat menghasilkan waktu dalam kondisi yang sama pula, namun prestasi yang dihasilkan tentu akan berbeda. Waktu yang terlewat tidak akan kembali lagi. Umumnya, waktu digunakan pada pekerjaan yang disenangi semata,” ungkap Riana.

Selanjutnya, Riana menyampaikan materi mengenai pentingnya manajemen waktu, manfaat manajemen waktu, dan skala prioritas. Pemaparan dari Riana diakhiri dengan sesi tanya jawab.

Reporter: Dwinanda Wuri Harsanti
Editor: Aulia Anjani

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa