FKIP – Sentra Kegiatan Islam (SKI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar Workshop Muslimah pada Sabtu (6/11/2021). Bertemakan “Peran Muslimah: Tinta Emas Muslimah dalam Peradaban Islam”, kegiatan digelar secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting.

Dimoderatori oleh Zalfaa Azalia Pursita selaku Pemenang 1 Putri Duta Bahasa Jawa Tengah 2021, workshop dikemas dalam bentuk talkshow. Jadi, terjadi kontak langsung secara daring antara pembicara dan peserta dengan memperbanyak waktu untuk berdiskusi.

Pembicara dalam kegiatan workshop ini adalah Ratih Nur Esti Anggraini, Ph.D. Beliau merupakan Dosen Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Adapun pertanyaan yang diajukan antara lain bagaimana kedudukan muslimah dan bagaimana muslimah terdahulu mengambil peran dalam peradaban Islam, bagaimana cara menanamkan karakter pada muslimah agar bisa ikut berperan dan berkontribusi pada era modern dalam peradaban Islam, serta bagaimana muslimah dapat mempertahankan peran dan kedudukannya pada era modern.

Menurut Ratih, muslimah memiliki dua peran dalam peradaban Islam, yaitu peran internal dan eksternal. Muslimah harus menyelaraskan kedua kedudukan tersebut secara bersamaan dengan cara mengelola keduanya dengan baik dan membuat skala prioritas.

“Muslimah memiliki dua kedudukan atau peran dalam peradaban Islam, yaitu peran internal dan eksternal. Peran internal muslimah adalah menjadi ibu, istri, dan anak. Sedangkan peran eksternal muslimah adalah menjadi seorang dosen, jurnalis, dan sebagainya. Yang terpenting bisa menyelaraskan kedua peran tersebut secara bersamaan. Ada dua cara yang bisa dilakukan, yaitu mengelola keduanya dengan baik dan membuat skala prioritas,” tutur Ratih.

Ratih juga berpendapat bahwa terdapat tiga cara untuk menanamkan karakter pada muslimah agar bisa ikut berperan pada era modern. Adapun cara tersebut adalah berusaha agar ilmu agama harus baik terlebih dahulu, belajar parenting, serta belajar yang sesuai dengan renjana.

“Bagaimana cara untuk menanamkan karakter pada muslimah agar bisa ikut berperan pada era modern? Yang pertama adalah belajar agama dan pastikan bahwa ilmu agama harus baik dulu. Kedua, muslimah harus belajar parenting. Ketiga, muslimah harus belajar sesuai dengan passion-nya,” pungkasnya.

Reporter: Rosantika Utami
Editor: Aulia Anjani

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa