FKIP – Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMP) Pendidikan Kimia Kovalen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta selenggarakan Webinar Kenal Dekat Lebih Dalam (ALDEHID) Program Profesi Guru (PPG) 2021 pada Jumat (10/12/2021) melalui Zoom Cloud Meeting.

Bertemakan “Mengenal Dunia Pendidikan Profesi Guru (PPG) bagi Lulusan Sarjana Pendidikan,” kegiatan ini dimaksudkan untuk mengenalkan pendidikan PPG bagi mahasiswa pendidikan. Kegiatan ini juga diarahkan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan mahasiswa terkait Pendidikan Profesi Guru.

Narasumber kegiatan ini yaitu Kepala Program Studi S-1 Pendidikan Kimia sekaligus Koordinator PPG Kimia FKIP UNS, Dr. rer.nat. Sri Mulyani, M.Si. Beliau mengawali penjelasannya dengan menjelaskan latar belakang pelaksanaan PPG.

“Pelaksanaan PPG didasarkan pada penetapan UU RI No 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas yang diikuti UU RI No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, serta Permen RI No 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Penetapan ini menjadikan guru diwajibkan memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidikan, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Perolehan kualifikasi ini akan diperoleh melalui program PPG” jelas Mulyani.

Beliau menambahkan penjelasan mengenai program PPG Prajabatan dan PPG dalam jabatan.

“Program PPG dapat ditempuh dalam dua skema, pertama PPG Pra-jabatan yakni program yang dilaksanakan secara langsung setelah mahasiswa selesai menempuh Pendidikan S-1. Sedangkan, PPG dalam jabatan ditempuh saat seseorang telah menjadi guru atau sudah mengajar di sekolah dengan waktu mengajar minimal lima tahun,” terang Mulyani.

Mulyani juga menambahkan alur pendaftaran PPG.

“Pendaftaran program PPG dilaksanakan pada program studi penyedia Pendidikan PPG di bawah koordinasi FKIP. Hasil seleksi kemudian dilaporkan ke Dirjen Dikti untuk memperoleh nomor registrasi,” tambah Mulyani

Mulyani turut menjelaskan model kurikulum yang diterapkan pada pendidikan profesi Guru (PPG).
“Sistem pembelajaran PPG menggunakan model blok yang terbagi menjadi dua, yakni satu semester pendidikan di kampus dan satu semester di sekolah (PPL). Pembelajaran dalam PPG meliputi lokakarya SSP, micro dan macro teaching, PPL, refleksi, dan Uji Kompetensi,” lanjutnya.

Beliau juga menjabarkan profil lulusan program studi PPG yang diharapkan.

“Profil lulusan Prodi PPG yaitu guru profesional yang menguasai materi ajar, berkarakter dan berkepribadian Indonesia, menginspirasi dan menjadi teladan, memiliki penampilan mempesona, berwibawa, tegas, ikhlas, serta disiplin, yang mampu mendidik, , membelajarkan, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi, peserta didik sesuai dengan tuntutan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terkini dan masa depan,” pungkas Mulyani.

Reporter: Akhmad Mukhibun
Editor : Aulia Anjani

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa