FKIP – Bidang Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar Webinar bertajuk “Metode Penelitian: Teori dan Penerapannya Bagi Mahasiswa Pascasarjana” secara daring pada Selasa (30/11/2021) melalui aplikasi Zoom Meeting.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Slamet Subiyantoro, M.Si. selaku Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan FKIP UNS berharap kegiatan ini bisa membantu mahasiswa dalam menyiasati program risetnya di situasi pandemi Covid 19 dan mendorong penulisan artikel ilmiah yang bereputasi. Lebih lanjut, Prof. Slamet berharap kegiatan ini dapat meningkatkan mutu akademik dan budaya mutu di FKIP UNS untuk mewujudkan world class university.

“Adanya pembahasan mengenai kiat-kiat dan teknis bagaimana pemahaman riset secara benar dan implementasinya di lapangan pada masa pandemi Covid 19 dari narasumber diharapkan membantu para mahasiswa dalam menyiasati permasalahan riset yang ada, sehingga tidak akan mengganggu masa studinya dan mendorong penulisan artikel ilmiah yang berprestasi. Kami juga berharap kegiatan ini dapat meningkatkan mutu akademik dan budaya mutu di FKIP UNS, sehingga iklim dan suasana kondusifitas akademik menuju world class university“, jelas Prof. Slamet.

Dimoderatori oleh Yosafat Hermawan Trinugraha, S.Sos., M.A., Ph.D. selaku Dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Sosiologi Antropologi FKIP UNS, kegiatan tersebut menghadirkan satu narasumber. Adapun, narasumber tersebut adalah Prof. Dr. Sugiyono, M.Pd. Beliau merupakan penulis buku metode penelitian, seperti Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Pengembangan, Metode Penelitian Kombinasi, dan Metode Penelitian Tindakan Komprehensif.

Prof. Sugiyono menjelaskan materi mengenai cara mudah menulis tesis dan disertasi, lingkup penelitian pendidikan, pengertian metode penelitian, komponen dalam metode penelitian, macam-macam data dalam penelitian, tujuan umum penelitian, varian penelitian lapangan, macam-macam metode penelitian, hingga indikator penelitian yang baik.

Menurut Prof. Sugiyono, ada tiga cara mudah menulis tesis dan disertasi. Ketiga cara tersebut adalah tahu apa yang diteliti, tahu metode penelitian yang digunakan, dan tahu cara publikasi di jurnal.

“Pada intinya ada tiga cara mudah untuk menyusun sebuah tesis atau disertasi, yaitu tahu apa yang diteliti, tahu metode penelitian, dan tahu bagaimana cara publikasi di jurnal. Seperti yang kita ketahui bersama, pada instrumen BAN-PT yang baru dituntut adanya luaran berupa jurnal dan sitasi karya-karya yang ditulis oleh mahasiswa. Oleh karena itu, mahasiswa dituntut tidak hanya meneliti, tetapi juga mempublikasikan. Dengan demikian, tesis dan disertasi mempunyai peran untuk diri sendiri dan berguna untuk prodi,” terang Prof. Sugiyono.

Di samping itu, Prof. Sugiyono juga berpendapat bahwa terdapat tiga indikator penelitian yang baik. Ketiga indikator tersebut adalah baru dan orisinil, memiliki manfaat yang nyata, dan memiliki nilai ekonomi.

“Ada tiga indikator penelitian yang baik saat ini. Satu, penelitian dikatakan baik apabila baru dan orisinil. Maka, ketika ada ujian tesis atau disertasi, mahasiswa selalu ditanya mana novelty atau kebaruannya. Kedua, hasil penelitian memiliki manfaat nyata. Dikarenakan memiliki manfaat yang nyata, maka ada nilai ekonomi,” terang Prof. Sugiyono.

Reporter: Rosantika Utami
Editor: Aulia Anjani

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa