FKIP – Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMP) Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melaksanakan kegiatan social project pengkaryaan magang Kovalen 2021 secara luring di Masjid Jami’ Nur Huda Mojosongo pada Minggu (19/12/2021). Kegiatan ini mengusung tema “Sharing Goodness at The End of 2021”.

Kegiatan social project merupakan kegiatan pengkaryaan dari peserta magang HMP Kimia Kovalen sebagai bentuk implementasi ilmu yang telah diperoleh selama mengikuti magang HMP Kimia Kovalen. Pengkaryaan diadakan untuk mengenalkan kegiatan kepanitiaan dan melatih kemampuan berorganisasi peserta magang. Pengkaryaan ini mengambil konsep social project untuk meningkatkan jiwa sosial peserta magang terhadap masyarakat sekitar meskipun kegiatan perkuliahan masih dilaksanakan secara daring.

Kegiatan ini ditujukan kepada adik-adik TPA Masjid Jami’ Nur Huda Mojosongo dengan tujuan mengimplementasikan ilmu keorganisasian yang telah diperoleh selama mengikuti magang, melatih mahasiswa baru dalam menjalankan sebuah program kerja atau kepanitiaan, dan menumbuhkan jiwa sosial peserta magang HMP Kimia Kovalen melalui pengkaryaan dalam bentuk social project.

Kegiatan diawali dengan tilawah Alquran, sambutan-sambutan, acara inti berupa penyampaian materi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), dan ditutup dengan permainan estafet karet, pemberian kenang-kenangan, serta dokumentasi.

Yoga Prasetyo Pamungkas selaku ketua pelaksana kegiatan social project ini mengutarakan reaksi dari pihak penanggung jawab Taman Pendidikan Alquran (TPA), Ustadz Muhtadi.

“Beliau (Ustadz Muhtadi) sangat senang mendapat kunjungan dari teman-teman HMP Kimia Kovalen yang bermaksud untuk menjalin silaturahmi dan berbagi kebaikan dalam bentuk ilmu yang semoga bermanfaat,” kata Yoga ketika ditemui oleh tim fkip.uns.ac.id pada Senin (27/12/2021).

Yoga mengutarakan harapan yang ingin dicapai dari terselenggaranya kegiatan ini.

“Semoga adanya pengkaryaan ini bisa menjadi bekal bagi mahasiswa baru, khususnya peserta magang untuk menjalankan program kerja atau kepanitiaan selanjutnya ketika sudah terjun ke organisasi ataupun volunteering. Dengan mengambil konsep social project, harapannya mahasiswa baru sebagai makhluk sosial bisa lebih peduli pada masyarakat sekitar. Selain itu, adik-adik TPA sebagai sasaran kegiatan semoga bisa mendapatkan kebermanfaatannya,” tutur Yoga.

Di akhir, Yoga menyampaikan rencana yang ingin dilaksanakan di tahun yang akan datang.

“Untuk tahun-tahun berikutnya akan tetap ada pengkaryaan oleh peserta magang HMP Kimia Kovalen, baik dengan konsep sosial maupun yang lain menyesuaikan nilai-nilai yang ingin disampaikan di magang HMP Kimia Kovalen,” pungkas Yoga.

Reporter: Dwinanda Wuri Harsanti
Editor: Zalfaa Azalia Pursita

https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa