FKIP – Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi (HMP Biosfer) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta gelar kegiatan Bakti Sosial dan Donasi untuk Masyarakat (Basidium) pada minggu (12/12/2021). Kegiatan yang dilaksanakan di Panti Asuhan Yatim Putri Aisyiyah, Grogol, Surakarta ini mengambil tema “Belajar Sepenuh Hati, Siapkan Diri Menggapai Mimpi”.

Kegiatan ini berupa penyaluran bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan dan menargetkan panti asuhan. Basidium bertujuan untuk menumbuhkan rasa kepedulian terhadap sesama dan meningkatkan jiwa sosial keluarga besar Program Studi (Prodi) Pendidikan Biologi FKIP UNS.

Isna Kusuma Wardani selaku ketua pelaksana mengatakan bahwa kegiatan ini telah melibatkan berbagai pihak yakni pengurus, Dosen Pendidikan Biologi, panti asuhan, dan donatur.

“Acara Basidium melibatkan panti asuhan yang akan diberikan bantuan dan donatur yang dibuka untuk masyarakat umum,” terang Isna.

Acara yang merupakan salah satu program kerja divisi pengabdian masyarakat HMP Biosfer ini diisi dengan berbagai kegiatan di dalamnya. Adapun, kegiatan yang dilakukan, antara lain sambutan-sambutan, seminar motivasi, permainan, penyaluran donasi, dan foto bersama.

Seminar motivasi dalam kegiatan Basidium disampaikan oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi angkatan 2018, Mefta Rizki Qurrat ‘Aini. Kegiatan seminar ini membahas topik sesuai tema yakni berupa cara belajar yang efektif, tips agar bisa produktif, dan memiliki semangat belajar, serta cara merealisasikan impian agar dapat terwujud.

Dengan terlaksananya kegiatan Basidium ini, Isna berharap agar dapat bermanfaat tidak hanya bagi panti asuhan dan mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi, namun juga pihak yang terlibat maupun tidak terlibat di dalamnya.

“Semoga kegiatan Basidium ini dapat bermanfaat terutama untuk Panti Asuhan Yatim Putri Aisyiyah Grogol Sukoharjo dan dapat lebih meningkatkan kepedulian keluarga besar Pendidikan Biologi FKIP UNS kepada sesama. Saya juga berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut di periode kepengurusan HMP Biosfer selanjutnya,” ungkap Isna.

Reporter: Muhammad Muzaqqi
Editor: Zalfaa Azalia Pursita

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa