FKIP – Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMP) Ganesha Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) menggelar kegiatan bakti sosial pada Sabtu (18/12/2021). Kegiatan ini diketuai oleh mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Sejarah 2021 yakni Nasta Ayundra Oktavian Mahardi dan dibimbing oleh dosen Pendidikan Sejarah, Dadan Adi Kurniawan, S.Pd., M.A.

Kegiatan Ini dilaksanakan dengan tujuan menumbuhkan rasa kemanusiaan diantara mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah. Kegiatan bakti sosial yang juga bagian dari kegiatan pengkaryaan mahasiswa baru ini dilaksanakan di lima lokasi, yaitu Monumen Banjarsari, Pusat Grosir Solo, Manahan, Stasiun Solo Balapan, dan Terminal Tirtonadi. Salah satu mahasiswa yabg bersangkutab menjelaskan bahwa kegiatan ini dimulai dengan perencanaan bersama.

“Kegiatan bakti sosial ini dimulai dengan perencanaan bersama oleh mahasiswa Pendidikan Sejarah 2021 beserta pengurus HMP Ganesha. Lalu, kegiatan di lapangan dilakukan oleh mahasiswa baru yang disebar di lima lokasi. Kegiatan bakti sosial ini berupa pembagian makanan kepada masyarakat yang membutuhkan,” papar Ahmad Fathul Majid, mahasiswa Pendidikan Sejarah 2021, yang mengikuti kegiatan ini.

Kegiatan ini diikuti oleh 85 mahasiswa yang terdiri dari panitia, peserta lapangan, dan peserta aktif. Ahmad menjelaskan bahwa pendanaan kegiatan ini bersumber dari penggalangan donasi.

“Pembiayaan kegiatan ini dari donasi yang telah terkumpul dari mahasiswa Pendidikan Sejarah 2021 dan orang-orang yang ingin berpartisipasi pada kegiatan ini melalui donasi,” papar Ahmad.

Ahmad menambahkan bahwa fokus kegiatan ini yakni memberikan makanan kepada masyarakat kurang mampu. Ahmad menyampaikan perasaannya terlibat dalam kegiatan ini.

“Kesan yang dirasakan dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah cukup menyenangkan dan berarti karena setelah memberikan makanan kepada masyarakat tersebut, kami juga turut merasakan kebahagiaan mereka atas apa yang kami berikan dan juga dapat bertemu dengan teman baru secara langsung setelah sekian lama menjalani pembelajaran online,” jelas Ahmad.

Di akhir pemaparan, Ahmad menyampaikan harapannya.

“Harapannya, dengan dilaksanakan kegiatan ini, dapat menumbuhkan kekompakan mahasiswa baru Pendidikan Sejarah 2021 serta, kegiatan ini juga diharapkan dapat menumbuhkan rasa kepedulian terhadap warga sekitar. Kegiatan ini merupakan aksi nyata mahasiswa, yang kelak akan mengabdi untuk masyarakat. Semoga apa yang kami lakukan akan menjadi pemicu bagi mahasiswa lainnya untuk berlomba-lomba dalam hal kebaikan,” pungkas Ahmad.

Reporter: Akhmad Mukhibun
Editor: Zalfaa Azalia Pursita

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa