FKIP – Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia (HMP Kovalen) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar kegiatan puncak Klub Karya Ilmiah (KKI) #4 pada Minggu (19/12/2021). Bertemakan “Terobosan Baru Generasi Milenial Melalui Karya Kepenulisan Guna Mengembangkan Softskill di Era Society 5.0”, kegiatan digelar secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting.

KKI #4 sendiri merupakan tindak lanjut dari KKI #3 yang secara teknis dilaksanakan dengan penyampaian materi dan tanya jawab. Adapun, materi yang disampaikan pada saat KKI #3 adalah tata cara dan tips menulis esai yang baik. Nah, KKI #4 ini merupakan aksi atau penerapan materi tersebut secara nyata. Artinya, peserta KKI #4 ini diajak berlatih menulis esai dengan tema yang sudah ditentukan oleh panitia.

Kegiatan puncak KKI #4 menghadirkan dua dewan juri. Dewan juri yang pertama adalah Agung Nugroho Catur Saputro, S.Pd., M.Sc, sedangkan dewan juri yang kedua adalah Lina Mahardiani, S.T., M.M., M.Sc., Ph.D. Keduanya merupakan Dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Kimia FKIP UNS.

Sebanyak 4 orang finalis mempresentasikan hasil karya ilmiahnya dalam kegiatan KKI #4. Masing-masing peserta diberikan waktu selama 30 menit dengan rincian 15 menit untuk presentasi dan 15 menit untuk tanya jawab. Juara 1 dalam kegiatan KKI #4 didapatkan oleh Febi Gustiarni Nashanda dengan skor 1763, sedangkan juara 2 didapatkan oleh Sawiji Lestari dengan skor 1713,25. Adapun, kategori best presentation didapatkan oleh Febi Gustiarni Nashanda dengan skor 1837,5.

Galuh Maharani selaku ketua panitia KKI #4 berharap kegiatan ini dapat menambah semangat mahasiswa, khususnya bagi Mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia untuk terus berkarya di bidang kepenulisan.

“Saya berharap melalui kegiatan KKI 4 ini bisa menambah semangat mahasiswa, khususnya dari Program Studi Pendidikan Kimia untuk terus berkarya di bidang kepenulisan. Dengan kegiatan ini, mereka bisa melanjutkan dan menerapkan materi-materi kepenulisan yang sudah diberikan pada acara KKI 1-4 ini di event-event karya ilmiah lainnya,” harap Galuh melalui pesan WhatsApp pada Senin (27/12/2021).

Reporter : Rosantika Utami
Editor : Aulia Anjani

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa