FKIP – Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMP) Pendidikan Kimia Kovalen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) menggelar Temu Ikatan Alumni Pendidikan Kimia pada Minggu (5/12/2021). Kegiatan ini menghadirkan alumni Pendidikan Kimia FKIP UNS yang sekarang menjadi Next-Generation Research Fellow at Department of Chemistry, Hiroshima University, Herry Wijayanto, S.Pd., M.Sc.

Kegiatan temu alumni ini dilaksanakan dalam bentuk talkshow dengan maksud menumbuhkan semangat, mengenalkan alumni Pendidikan Kimia kepada mahasiswa, dan sebagai pemantik dalam menambah wawasan dunia kerja. Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk melibatkan alumni dalam perkembangan program studi.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan pengalaman oleh Herry Wijiyanto yang tersambung langsung dari Jepang. Di awal pemaparan, Herry menjelaskan kesukaannya pada bidang kimia.

“Saya menyukai pelajaran Kimia sejak SMA. Pernah mengikuti Olimpiade Kimia pada jenjang SMA dan memperoleh Juara 2. Kemudian, masuk Pendidikan Kimia FKIP UNS merupakan arahan orang tua,” papar Herry.

Selanjutnya, finalis PIMNAS 2016 ini juga menjelaskan perjalanan singkat saat berkuliah di Pendidikan Kimia FKIP UNS.

“Saat berkuliah di UNS sempat mengikuti kegiatan UKM paduan suara di FKIP UNS. Selain itu, pernah menjadi finalis lomba karya tulis di Universitas Negeri Padang dan pada 2016 berhasil menjadi finalis PIMNAS,” lanjut Herry.

Herry melanjutkan perjuangannya memperoleh beasiswa kuliah di Hiroshima University, Jepang. Ia menjelaskan bahwa informasi beasiswa ia peroleh melalui salah satu alumni Pendidikan Kimia, yang dulu juga berkuliah di Hiroshima University.

“Informasi beasiswa di Jepang ini saya peroleh dari alumni Pendidikan Kimia yang dulu juga kuliah di Hiroshima University. Pemberian beasiswa ini difokuskan pada isu pemulihan kota pasca kecelakan nuklir di Kota Fukushima. Terdapat tiga pendekatan yang dipakai yakni kesehatan, sosial, dan lingkungan. Bidang kimia masuk pada pendekatan lingkungan” jelas Herry.

Herry turut menjelaskan proses persiapan seleksi beasiswa ini. “Proses tes terdapat tiga macam yakni presentasi paper, Focus Group Discussion (FGD), dan wawancara. Seleksi presentasi paper dipersiapkan dalam satu hari dan dipresentasikan di hadapan sepuluh professor Hiroshima University, seleksi FGD dan wawancara dilakukan pada bahasan penelitian. Tips mengikuti FGD yakni harus aktif mengikuti diskusi tapi juga jangan terlalu mendominasi,” terang Herry.

Kegiatan sharing alumni ini diakhiri dengan tanya jawab antara narasumber dengan audien.

Reporter : Akhmad Mukhibun
Editor : Aulia Anjani

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa