FKIP – Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMP) Pendidikan Fisika Grafitasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar bakti sosial yang dilaksanakan di Panti Asuhan Rumah Lentera pada Sabtu (4/12/2021). Kegiatan ini melibatkan 15 panitia yang berasal dari kalangan mahasiswa dan 37 anak-anak yang berasal dari Rumah Lentera.

Kegiatan diketuai oleh mahasiswa Pendidikan Fisika Angkatan 2019, Artiwi Indah Kusuma, Artiwi menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan maksud menumbuhkan rasa kepedulian sesama.

“Kegiatan ini dilaksanakan dengan maksud menumbuhkan rasa peduli dan empati mahasiswa Pendidikan Fisika, terutama kepedulian bagi anak-anak di Rumah Lentera,” jelas Artiwi dalam wawancaranya.

Artiwi turut menjelaskan, pemilihan Panti Asuhan Rumah Lentera untuk kegiatan bakti sosial didasarkan karena panti asuhan ini merawat anak-anak yang terkena HIV/AIDS, sehingga dirasa kegiatan ini akan sangat membantu anak-anak di panti asuhan tersebut.

“Pemilihan Rumah Lentera ini karena Rumah Lentera belum mendapat perhatian yang cukup, terlebih tempat ini dikhususkan untuk anak-anak yang mengidap HIV/AIDS, sehingga masyarakat umumnya tidak berani mengunjungi tempat ini,” lanjut Artiwi.

Kegiatan yang dilaksanakan meliputi kegiatan permainan bersama anak-anak Rumah Lentera, kegiatan hiburan, bakti sosial, pemberian sembako, pemberian alat-alat keperluan medis, seperti masker, hand sanitizer, serta keperluan lainnya seperti sabun dan shampo.

Adapun sumber dana kegiatan ini diperoleh dari penggalangan dana yang dilakukan oleh mahasiswa. Terhitung mulai 15 November 2021 hingga 3 Desember 2021, terkumpul donasi kurang lebih sebesar 3 juta rupiah. Donasi yang dibuka ditujukan bagi masyarakat umum yang hendak membantu dan berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Artiwi turut menceritakan kesan yang didapat selama mengikuti kegiatan ini.

“Alhamdulillah kegiatan ini dapat menumbuhkan rasa peduli dan menumbuhkan rasa syukur atas apa yang saya miliki,” jelas Artiwi.

Di akhir wawancara, Artiwi menyampaikan harapannya.

“Harapan untuk adik-adik Rumah Lentera, teruslah semangat! Kemudian, untuk masyarakat, semoga masyarakat lebih paham mengenai HIV/AIDS. Pesan saya jauhi penyakitnya, bukan orang-orangnya,” pungkas Artiwi.

Reporter: Akhmad Mukhibun
Editor: Aulia Anjani

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa