FKIP – Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan (Himapensil) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) berupa kegiatan bakti sosial di Panti Asuhan Darul Falah, Sukoharjo. Kegiatan ini digelar pada Sabtu (11/12/2021) dengan menerapkan protokol kesehatan.

Bakti sosial yang dilaksanakan Himapensil FKIP UNS ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kepedulian mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Teknik Bangunan (PTB) terhadap masyarakat sekitar yang membutuhkan, terutama bagi anak-anak di Panti Asuhan Darul Falah.

Kegiatan dibuka dengan permainan yang telah dirancang oleh panitia. Adapun, permainan tersebut adalah balap kelereng, tebak kata, dan melukis. Anak-anak di Panti Asuhan Darul Falah sangat antusias dalam permainan tersebut.

Selanjutnya adalah kegiatan penanaman sayur, seperti tomat, cabai, dan terong. Kegiatan penanaman sayur ini dilaksanakan dengan memanfaatkan barang bekas berupa botol bekas sebagai media tanam atau pot. Hal tersebut bertujuan untuk melatih kreativitas anak-anak di Panti Asuhan Darul Falah dalam memanfaatkan barang bekas.

Kegiatan ditutup dengan pemberian edukasi pentingnya menjaga kebersihan dan pola hidup sehat kepada anak-anak di Panti Asuhan Darul Falah.

Muhammad Kuat Mulyanto selaku ketua panitia PKM Himapensil FKIP UNS berharap dengan adanya kegiatan ini panitia dan mahasiswa Prodi PTB FKIP UNS dapat meningkatkan kepedulian sosialnya. Artinya, mereka memiliki kesadaran bahwa ada masyarakat di sekitarnya yang memerlukan perhatian dan uluran tangan dari mereka.

“Saya berharap dengan diadakannya kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa bakti sosial ini dapat meningkatkan kepedulian panitia dan mahasiswa PTB FKIP UNS terhadap lingkungan sekitarnya. Mereka menjadi sadar bahwa di sekitarnya ada masyarakat yang membutuhkan perhatian maupun uluran tangan dari mereka,” harap Muhammad melalui pesan suara WhatsApp pada Jumat (24/12/2021).

Muhammad juga berharap kegiatan ini dapat memotivasi mahasiswa FKIP maupun masyarakat umum untuk meningkatkan kepedulian sosial. Dengan demikian, semakin banyak masyarakat yang terbantu.

“Saya juga berharap kegiatan ini dapat memotivasi mahasiswa-mahasiswa FKIP UNS dan masyarakat pada umumnya untuk melakukan kegiatan-kegiatan sosial serupa. Dengan mereka melakukan hal tersebut atau mereka meningkatkan kepedulian sosialnya, maka semakin banyak masyarakat yang terbantu,” tambah Muhammad.

Reporter : Rosantika Utami
Editor : Aulia Anjani

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa