FKIP – Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelenggarakan webinar E-Gen Tech secara daring melalui Zoom Cloud Meeting pada Senin (27/12/2021).

Webinar E-Gen Tech mengusung tema “Empowering the Nation’s Generation on Facing Natural Disaster with Technology” yang memiliki tujuan mengenalkan manfaat teknologi kepada masyarakat, khususnya dalam menghadapi bencana alam yang sering terjadi belakangan ini.

Webinar dibuka secara resmi oleh Cucuk Wawan Budiyanto, S.T., Ph.D. selaku Kepala Program Studi (Kaprodi) Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer FKIP UNS.

“Saat semua orang membicarakan soal kondisi virtual, kita harus sadar bahwa sevirtual apapun kalau yang namanya bencana pasti akan real. Bencana itu akan ada di depan mata dan kita tidak bisa menghadapinya secara virtual. Tetapi, kontribusi teman-teman dalam webinar ini adalah langkah yang membanggakan buat kami,” kata Cucuk dalam sambutannya.

Webinar dipandu oleh Kevin Alexander Josa Sudarmono dan Anna Sanya Khazanah dengan pembicara Soerja Kusuma selaku Remote Sensing and Geoelectric Method in Surakarta City. Soerja memaparkan materi dengan tajuk “Peran Teknologi dalam Pengurangan Risiko Bencana”.

“Jadi ada cycle dalam mitigasi bencana. Dimulai dari prabencana, ada prevention mitigation dan preparedness. Kemudian respons pada saat tanggap darurat dan recovery pada saat pascabencana,” jelas Soerja mengawali pemaparannya.

Materi berikutnya, Soerja memaparkan mengenai pentahelix kebencanaan.

“Dulu kita ada pentahelix, yang kesatu ada kerja sama dengan pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha tapi sekarang, ada perubahan paradigma menjadi lima komponen yang harus bersinergi untuk menanggulangi bencana. Sekarang ada media, pemerintah, masyarakat, dunia usaha, dan academia,” papar Soerja.

Sebelum mengakhiri pemaparannya, Soerja memaparkan materi mengenai manajemen bencana dan menyebutkan beberapa aplikasi teknologi dalam pengurangan risiko bencana, antara lain mitigasi bencana tanah longsor, sistem peringatan dini (banjir, tanah longsor, kebakaran hutan, dan tsunami), sistem informasi logistik bencana, dan InaRISK.

Reporter: Dwinanda Wuri Harsanti
Editor: Zalfaa Azalia Pursita

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa