FKIP – Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Luar Biasa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta memperingati Hari Disabilitas Internasional dengan menyelenggarakan Gebyar HDI pada Jumat (4/12/2021). Kegiatan dilaksanakan secara daring melalui Zoom Cloud Meeting dan live streaming youtube.

Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Dr. Mardiyana, M.Si. selaku Dekan FKIP UNS. Dalam sambutannya, Mardiyana menyampaikan peran mahasiswa PLB untuk menyadarkan orang yang memiliki kebutuhan khusus kepada masyarakat.

“Seharusnya kita mempunyai kepedulian kepada orang yang memerlukan kebutuhan khusus. Kegiatan ini sangat bagus, karena mahasiswa PLB menyadarkan, tidak hanya kepada komunitas tapi lebih luas lagi,” kata Mardiyana dalam sambutannya.

Gebyar HDI kali ini menghadirkan juru bahasa isyarat dan mengundang delegasi himpunan mahasiswa PLB se-Indonesia. Adapun tema yang diusung adalah “Give Love, Spread Awareness”. Setelah resmi dibuka, kegiatan dilanjut dengan penyerahan secara simbolis bantuan laptop dan pulsa kepada mahasiswa disabilitas UNS dari Pusat Studi Disabilitas (PSD) LPPM UNS.

Kegiatan inti dipandu oleh Alexandrin Farah Diba selaku moderator. Pembicara pertama, Erma Kumala Sari, S.Psi., Psikolog yang merupakan dosen Pendidikan Luar Biasa UNS. Erma menyampaikan materi dengan tajuk “Menjadi Orang Tua yang Luar Biasa untuk Anak Istimewa”.

“Anak-anak istimewa ini adalah surga yang dititipkan di gurun. Jadi dengan segala keterbatasannya, mereka mereka dihadirkan di bumi dengan suatu tujuan yang sangat mulia,” kata Erma mengawali pemaparan materi.

Pembicara kedua, Drs. Setia Adi Purwanta, M.Pd. yang merupakan Direktur Dria Manunggal Yogyakarta dan Ketua Komite Perlindungan dan Pemenuhan Hak Difabel DIY. Setia memaparkan materi dengan tajuk “Merdeka Belajar untuk Pemenuhan Hak Disabilitas”. Setia mengawali materi dengan mengutip pendapat dari salah satu tokoh pendidikan.

“Kita bisa merdeka dalam belajar kalau kita berada dalam lingkungan inklusif, karena belajar merupakan pemerdekaan. Menurut Ki Hajar, belajar itu adalah memerdekakan,” jelas Setia.

Menuju penghujung acara, peserta dipersilakan bertanya pada sesi tanya jawab dan kegiatan diakhiri dengan pengumuman lomba Hari Disabilitas Internasional UNS 2021.

Reporter: Dwinanda Wuri Harsanti
Editor: Aulia Anjani

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa