FKIP – Sentra Kajian Islam (SKI) Pabelan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar webinar kelas besar #2 secara daring pada Minggu (12/12/2021). Kegiatan ini mengusung tema “Dekorasi Islam Milenial dalam Isolasi Akhir Zaman”.Kelas besar ini menghadirkan Owner Khaled Co. sekaligus Guru SMPI Al Abidin, Mohammad Darril Hermawan.

Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan “The Adventure of Islamic Islamic Youth #8” yang bertujuan untuk mengenalkan, memahamkan, dan mengembangkan mahasiswa dengan tujuan dakwah Islam. Mohammad Darril membawakan presentasi mengenai “Problematika Umat Akhir Zaman.”

Latar belakang problem ini didasarkan pada situasi sosial budaya dan pergeseran nilai.

“Kecenderungan sosial budaya dan pergeseran nilai berupa penilaian manusia secara pragmatis, menilai hal yang bersifat kebendaan dan lahiriyah saja, terperangkap sistem budaya dan teknologi, serta individualisme,” jelas Darril.

Darril turut menambahkan konsep kecenderungan ekonomi yang menyebabkan problematika umat.

“Bentuk-bentuk problematika karena ekonomi, misalnya karena adanya ketimpangan, terjadinya kriminalitas dan penyimpangan tingkah laku,” lanjut Darril.

Pada masalah internal dan eksternal, problematika dunia disebabkan kondisi diri, lingkungan yang melingkupi, dan adanya globalisasi.

“Faktor Internal yang menyebabkan problematika yakni keilmuan yang rendah, munculnya kelompok yang menyimpang, dan merasa paling benar. Pada faktor eksternal, umumnya problematika disebabkan globalisasi. Globalisasi meluas melalui 3F, food, fun, fashion, serta sekularisme,” papar Darril.

Darril melanjutkan penjelasan mengenai sekularisme dan bentuk zaman ketika banyak orang menormalisasi dosa dan bermaksiat dengan gaya.

“Sekularisme ini berarti memisahkan pemikiran agama dengan kehidupan dunia. Pandangan ini yang mendorong banyaknya problematika baru dalam kehidupan. Sehingga ranah agama dianggap sesuatu yang terpisah dengan kehidupan dunia”.

“Banyaknya masyarakat yang turut menormalisasi dosa, misalnya menganggap biasa penyimpangan, seks bebas, dan sebagainya turut menambah problem ini. Apalagi, bentuk kesalahan justru mendapat tempat yang di masyarakat, misal dengan penghalusan bahasa penyimpangan,” tegas Darril.

Di akhir pemaparan, Darril menyampaikan cara-cara menyikapi problem ini.

“Menghadapi problem yang terjadi pada umat akhir zaman ini, dapat disikapi dengan terus belajar dan berpegang teguh pada agama,” pungkas Darril.

Reporter : Akhmad Mukhibun
Editor : Aulia Anjani

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitysebelasmaret
#unsbisa