FKIP – Himpunan Mahasiswa Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (Himadikpa) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar kegiatan IPA Share Our Love to Another (ISOTON) 2021 di Desa Pojok, Mojogedang, Karanganyar. Kegiatan digelar mulai dari Sabtu (20/11/2021) hingga Minggu (12/12/2021), dengan menerapkan protokol kesehatan.

ISOTON 2021 dilaksanakan dengan maksud menumbuhkan rasa peduli dan empati mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan IPA, terutama kepedulian terhadap anak-anak dan masyarakat Desa Pojok dalam meningkatkan kemampuan literasi pada masyarakat. Untuk mewujudkan maksud tersebut, Himadikpa menggelar empat rangkaian kegiatan dalam kegiatan ISOTON 2021.

Kegiatan pertama adalah pelatihan administrasi perpustakaan yang ditujukan untuk Karang Taruna Desa Pojok dan Guru Taman Kanak-Kanak (TK) 2 Pojok dalam rangka mengaktifkan kembali perpustakaan Desa Pojok setelah lima tahun tidak digunakan. Kegiatan ini menghadirkan narasumber, yaitu Bachrul Ilmi, S.Ptk., M.Hum. selaku dosen D-3 Prodi Perpustakaan UNS. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Sabtu (20/11/2021).

Kegiatan kedua adalah kegiatan sosialisasi bertemakan “Serunya Membaca Bersama” yang ditujukan kepada siswa kelas 5 dan 6 Sekolah Dasar Negeri (SDN) 3 Pojok. Kegiatan ini menghadirkan narasumber, yaitu Dr. Arif Setyawan, S.Hum., M.Pd. selaku dosen Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UNS. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Sabtu (27/11/2021).

Selanjutnya, kegiatan ketiga adalah pelatihan administrasi perpustakaan sesi kedua dengan peserta dan narasumber yang sama. Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis (9/12/2021). Lalu, kegiatan ISOTON 2021 ditutup dengan kegiatan peluncuran perpustakaan Pojok Baca Desa Pojok yang diadakan Minggu (12/12/2021) sebagai bentuk peresmian telah dibukanya kembali perpustakaan desa.

Risa Qotrunnada, Ketua Panitia ISOTON 2021, berharap kegiatan ini dapat memotivasi rekan-rekan panitia untuk meningkatkan kemampuan literasi di masyarakat desanya. Risa juga berharap kegiatan ini dapat meningkatkan literasi masyarakat di Desa Pojok, Mojogedang.

“Saya harap setelah kegiatan ISOTON dilaksanakan, teman-teman panitia dapat berkontribusi untuk desa mereka dalam rangka meningkatkan kemampuan literasi. Harapan saya untuk masyarakat Desa Pojok, semoga ke depan menjadi masyarakat yang berintelektual dan memiliki minat yang tinggi dalam membaca buku dengan memanfaatkan fasilitas perpustakaan desa,” harap Risa melalui pesan WhatsApp pada Rabu (22/12/2021).

Reporter : Rosantika Utami
Editor: Zalfaa Azalia Pursita

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa