FKIP – Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Surakarta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar sarasehan bertema “Satukan Aspirasi untuk Kolaborasi” secara daring pada Jumat (3/12/2021).

Sarasehan merupakan agenda rutin yang diselenggarakan oleh himpunan mahasiswa prodi PGSD dengan tujuan untuk berdiskusi dengan program studi terkait kegiatan akademik dan non akademik serta sarana dan prasarana yang ada di kampus IV Kleco, khususnya PGSD Surakarta.

Sebelum acara diselenggarakan, panitia sudah membagikan beberapa pertanyaan melalui google form yang diisi oleh seluruh mahasiswa PGSD. Hasil dari kuesioner tersebut dirangkum dan dijadikan sebagai bahan diskusi dengan pihak program studi.

Kegiatan dimulai dengan sambutan oleh Dr. Idam Ragil Widianto Atmojo, M.Si. selaku kepala program studi PGSD. Dalam sambutannya, Idam menyampaikan mengenai hal yang menjadi kewenangannya dan bukan kewenangannya.

“Sarasehan ini memfasilitasi mahasiswa yang ingin menyampaikan hal yang ingin diperbaiki atau ditingkatkan. Apabila ranahnya akademik dan masih dapat diselesaikan di program studi, maka akan diselesaikan di program studi. Namun, apabila ranahnya harus sampai tahap fakultas bahkan universitas, maka saya akan menyampaikan ke fakultas agar diteruskan ke tingkat universitas,” papar Idam.

Acara Sarasehan ini dipandu oleh Chaerinna selaku moderator. Narasumber pertama, Dr. Idam Ragil Widianto Atmojo, M.Si. selaku kepala program studi PGSD Surakarta mendiskusikan mengenai sarana dan prasarana. Kemudian, Dr. Matsuri, M.Pd. selaku dosen program studi PGSD Surakarta mendiskusikan mengenai bidang akademik. Kegiatan dihadiri oleh perwakilan mahasiswa PGSD setiap angkatan.

Diskusi diawali dengan pembahasan mengenai sarana, prasarana, dan fasilitas yang ada di kampus IV Kleco, khususnya program Studi PGSD. Diskusi berlangsung dengan moderator yang menyampaikan kumpulan aspirasi mahasiswa yang telah dirangkum berdasarkan google form.

Hal yang didiskusikan berkaitan dengan bidang sarana, prasarana, dan fasilitas meliputi bangunan, kelas, kamar mandi, gor, fasilitas umum yang minim, jalan, lampu, jaringan internet, kantin, dan pembakaran sampah yang dilakukan di siang hari.

Sesi kedua berkaitan dengan bidang akademik dengan Dr. Matsuri, M.Pd. sebagai narasumber. Hal yang dilontarkan oleh moderator pada sesi ini meliputi sistem rekognisi, beasiswa, jadwa, tugas selama masa pandemic, penilaian, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), program percepatan skripsi, dan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

Kegiatan sarasehan diakhiri dengan sesi tanya jawab yang disampaikan langsung oleh peserta dan ditanggapi secara gamblang oleh kedua narasumber.

Reporter: Dwinanda Wuri Harsanti
Editor: Aulia Anjani

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa