FKIP – Himpunan Mahasiswa (Hima) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Surakarta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar lokakarya Grand Opening Kelas Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) pada Sabtu (14/1/2022). Bertemakan “Pengembangan Potensi Diri yang Inovatif dan Solutif Melalui Penulisan Program Kreativitas Mahasiswa”, kegiatan digelar secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting.

Lokakarya ini merupakan salah satu program kerja di bawah naungan Divisi Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM) Hima PGSD Surakarta. Program kerja tersebut tergabung dalam sebuah kelas belajar yang diberi nama Kejar PGSD Surakarta.

Dimoderatori oleh Ratna Widya Irmayanti selaku Mahasiswa Program Studi (Prodi) PGSD Surakarta FKIP UNS, lokakarya ini menghadirkan seorang narasumber. Narasumber tersebut adalah Dr. Septi Yulisetiani, S. Pd., M. Pd. Beliau merupakan dosen Prodi PGSD FKIP UNS dan Ketua Unit Prestasi FKIP UNS. Beliau memaparkan materi bertajuk “PKM: Pengembangan Potensi Diri yang Inovatif dan Solutif Melalui Penulisan Program Kreativitas Mahasiswa”.

Dalam pemaparannya beliau menyampaikan materi mengenai prestasi mahasiswa FKIP UNS dalam PKM, gambaran umum PKM, topik PKM, ragam PKM, PKM lolos pendanaan dan Pekan Ilmiah Mahasiswa (Pimnas), serta persiapan kompetensi PKM.

Beliau menjelaskan bahwa PKM terdiri 2 ragam, yaitu PKM Proposal Pendanaan dan PKM Insentif. PKM Pendanaan terdiri dari PKM 5 bidang dan PKM-Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK). Sedangkan PKM Insentif terdiri dari PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI) dan PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT).

“Ada dua macam PKM pada Pedoman PKM 2021, yaitu PKM Proposal Pendanaan dan PKM Insentif. PKM Pendanaan terdiri dari PKM 5 bidang, yaitu PKM-Riset (PKM-RE/PKM-RSH), PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-PM), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Penerapan IPTEK (PKM-PI), serta PKM-Karsa Cipta (PKM-KC) dan PKM-Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK). Adapun, PKM Insentif terdiri dari PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI) dan PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT),” jelas Dr. Septi.

Pada akhir pemaparannya, Dr. Septi menjelaskan bahwa menyusun sebuah proposal PKM memerlukan beberapa persiapan. Beliau menyebutkan ada enam poin yang harus dipersiapkan oleh mahasiswa dalam menghadapi kompetisi PKM tahun 2022.

“Topik terakhir yang akan kita bahas adalah persiapan kompetensi PKM. Menyusun sebuah proposal PKM memerlukan beberapa langkah atau tahapan yang harus dipersiapkan. Ada enam langkah atau tahapan yang bisa kalian persiapan. Pertama adalah menemukan motivasi dan harapan serta membuat komitmen. Kedua adalah aktif mengumpulkan informasi tentang PKM. Ketiga adalah membaca dan memahami Buku Pedoman PKM. Keempat adalah menemukan ide. Kelima adalah membentuk sebuah kelompok. Langkah terakhir adalah menyusun proposal PKM,” pungkas Dr. Septi.

Kegiatan diakhiri dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh moderator dan dokumentasi.

Reporter : Rosantika Utami
Editor : Aulia Anjani

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa