FKIP – Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa (Himproser) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali menggelar pameran seni rupa internasional “Art Edu Care” yang ke-12 pada tahun ini. Pameran tersebut digelar pada Kamis-Minggu (13-16/12/20121) di Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT), Kota Surakarta dengan menerapkan protokol kesehatan.

Art Edu Care #12 kali ini mengusung tema “Share Role”, sebuah istilah yang mempresentasikan suatu gerakan alternatif dalam proses berkesenian. Istilah “Share Role” diambil dari bahasa Inggris yang berarti berbagi jalan atau berbagi tugas. Dalam hal ini yang dimaksudkan ialah saling mengemban tanggung jawab dan membantu antarpelaku dalam proses berkesenian.

Ada yang menarik dari pelaksanaan Art Edu Care #12, yaitu diadakan kegiatan pre-event berupa pembuatan mural di Tipes, Serengan, Kota Surakarta pada Senin (15/11/2021). Kegiatan tersebut melibatkan anak-anak dan warga sekitar.

Adapun, puncak pelaksanaan Art Edu Care #12 digelar dengan melaksanakan pameran seni rupa selama empat hari. Pameran ini terbuka untuk umum dengan mengisi tautan reservasi untuk mendapatkan tiket secara daring. Terdapat tiga sesi yang dapat dipilih oleh para pengunjung setiap harinya. Penggunaan sesi tersebut dimaksudkan untuk meminimalisasi terjadinya kerumunan di tempat, sehingga pengunjung yang datang ke lokasi merasa aman dan nyaman.

Pada hari pertama pameran (Kamis, 13/12/2021), diadakan kegiatan grand opening Art Edu Care #12. Kegiatan dibuka dengan sambutan oleh Ketua Panitia AEC, Ketua Umum Himproser FKIP UNS, Kepala Program Studi (Kaprodi) Pendidikan Seni Rupa (PSR) FKIP UNS, dan Wakil Dekan FKIP UNS. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan penampilan dari Keseso, Riska dan Riski, serta Rindy dan Gohan.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Slamet Subiyantoro, M.Si., selaku Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan FKIP UNS menyampaikan apresiasi dan harapan terhadap pelaksanaan Art Edu Care #12 ini.

“Proses dan produk seni yang dikemas dalam kegiatan pameran seni rupa internasional Art Edu Care ke-12 yang tidak pernah terputus satu kali pun ini adalah suatu karya yang besar. Maka, kami menyampaikan apresiasi yang tinggi untuk pelaksanaan kegiatan Art Edu Care ke-12 ini dan berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses,” ungkap Prof. Slamet.

Pada hari kedua pameran (Jumat, 14/12/2021) diadakan kegiatan Art Edutalk “Recap”. Diisi oleh Figur Rahman Fuad, S.Pd., M.A. selaku alumnus dan Dosen PSR FKIP UNS serta Amin Ma’ruf selaku Ketua Panitia Art Edu Care #12, kegiatan ini dikemas dalam bentuk siniar yang membicarakan perjalanan Art Edu Care #1 hingga #12.

Pada hari ketiga pameran (Sabtu, 15/12/2021) diadakan kegiatan Art Edu Award dengan mengusung tema “One Day Crazy”. Kemudian, penutupan Art Edu Care #12 digelar pada Minggu (16/12/2021) dengan kegiatan penampilan seni yang diisi oleh Albertus Andhika, Cahya Fajar Ramadhan, Ali Fauzi, Bara Lesara, dan Ari Wahyudandi.

Reporter: Rosantika Utami
Editor: Zalfaa Azalia Pursita

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa