FKIP – Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil mengharumkan nama almamater di tingkat nasional, seorang mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan kedua temannya berhasil menjadi pemenang 3 pada ajang Business Plan Competition yang diselenggarakan oleh Kementerian Ekonomi Kreatif Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum (FH) Universitas Brawijaya (UB). Adapun, mahasiswa yang berhasil memenangkan perlombaan tersebut adalah Mahmud Wahyudi dari Program Studi (Prodi) Sastra Arab, Arlita Andriani dari Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, dan Dahriyanti dari Prodi Agribisnis.

Perlombaan yang diselenggarakan secara daring ini mengusung tema “Optimalisasi Peran Gen Z dalam Menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0”. Kegiatan ini merupakan acara tahunan yang diselenggarakan BEM FH UB. Pada perlombaan ini, tim yang diketuai oleh Mahmud tersebut, membawakan rancangan bisnis berjudul “Pengoptimalan Penggunaan Aplikasi Berbasis Sosial.”

Arlita, anggota tim lomba ini, menjelaskan bahwa latar belakang ide ini didasarkan pada jalinan kedekatan antarmahasiswa yang masih kurang dan perlu ditingkatkan.

“Latar belakang optimalisasi rancangan bisnis berbasis sosial yakni melihat hubungan antarmahasiswa yang masih kurang. Kami melihat, perlunya media yang dapat menyatukan mahasiswa sehingga tercipta interaksi sosial keduanya melalui aplikasi berbasis sosial. Tujuannya yakni menjalin relasi, berbagi pengetahuan, dan membuka ruang ilmu,” jelas Arlita, dalam wawancara kepada tim fkip.uns.ac.id pada Jumat (28/01/2022).

Perlombaan berlangsung melalui beberapa tahapan, meliputi pendaftaran, pengumpulan abstrak, pengumuman lolos abstrak, pengumpulan full paper, dan pengumuman pemenang.

“Proses perlombaan ajang ini diawali dengan pendaftaran dan pengumpulan abstrak. Pada tahap ini, kami tidak menyangka proposal kami lolos tahap abstrak. Sempat pesimis dengan judul proposal yang kami buat, tapi salah satu teman kami, Mahmud, menyampaikan ‘selesaikan saja apa yang telah kita mulai, toh kalau pun lolos ya itu anggap aja sebagai bonus,’’’ jelas Arlita.

Arlita melanjutkan dengan menjelaskan proses perlombaan tahap selanjutnya.

“Tahap selanjutnya, kami mengumpulkan proposal lengkap untuk dipresentasikan pada 25 Oktober 2021. Selepas presentasi, Kami tidak percaya diri dengan hasilnya, tetapi akhirnya kami lolos menjadi juara 3 kompetisi business plan ini,” lanjur Arlita.

Di akhir wawancara, Arlita menyampaikan kesan memenangkan perlombaan ini dan harapan untuk ke depan.

“Kesannya tidak disangka karena persiapan tim yang dirasa kurang dan mendadak, Alhamdulillah, rezeki juara tiga. Harapan ke depan, semoga makin banyak prestasi yang diperoleh, mungkin dari iseng menjadi ajang mendapatkan prestasi,” pungkas Arlita.

Reporter: Akhmad Mukhibun
Editor: Zalfaa Azalia Pursita

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa