FKIP – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lingkar Studi Pendidikan (LSP) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Kebumen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelenggarakan sekolah riset LSP PGSD Kebumen FKIP UNS tahun 2021.

Sekolah riset merupakan program kerja Departemen Keilmiahan Lingkar Studi Pendidikan PGSD Kebumen FKIP UNS tahun 2021 yang dilaksanakan pertama kali pada periode 2021 dengan orientasi pada penelitian.

Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini yakni untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif pengurus Lingkar Studi Pendidikan dalam bidang penelitian.

Kegiatan dilaksanakan secara daring melalui Zoom Cloud Meeting dan luring di masing-masing Sekolah Dasar (SD) observasi per kelompok. Kegiatan berlangsung mulai dari bulan Agustus dan berakhir pada Desember 2021.

Sekolah riset diketuai oleh Annisa Luthfiyatur Rosyda dengan sasaran peserta yakni pengurus Lingkar Studi Pendidikan PGSD FKIP UNS Kampus Kebumen 2021.

Annisa selaku ketua pelaksana sekolah riset mengatakan kegiatan dilaksanakan dalam sembilan pertemuan yang dikombinasikan secara sinkron dan asinkron.

“Pertemuan pertama membahas mengenai teori atau konsep riset. Pertemuan kedua yaitu rencana riset. Pertemuan ketiga, konsultasi perkembangan riset. Pertemuan keempat hingga ketujuh yakni menyusun artikel, menyusun laporan dilakukan secara asinkron. Pertemuan kesembilan yaitu diseminasi,” jelas Annisa ketika ditemui tim fkip.uns.ac.id pada Senin (17/1/2022).

Kegiatan ini menghadirkan beberapa pemateri, meliputi Moh. Salimi, S.Pd., M.Pd., Ratna Hidayah, S.Pd., M.Pd., Dr. Rif’at Shafwatul Anam, M.Pd., Dr. Sugianto, S.Pd., M.Pd., dan Eka Ary Wibawa, M.Pd.

Selanjutnya, Annisa menyampaikan harapan dari terselenggaranya acara sekolah riset ini.

“Harapannya dengan kegiatan sekolah riset ini dapat mengasah kemampuan berpikir kritis dan kreatif dalam bidang riset khususnya pengurus Lingkar Studi Pendidikan PGSD Kebumen serta menambah pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam kepenulisan ilmiah,” kata Annisa.

Di akhir, Annisa menyampaikan rencana ke depan terkait kegiatan sekolah riset yang telah diselenggarakan.

“Rencana program kerja sekolah riset ke depannya akan ditinjau terlebih dahulu. Karena ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan oleh pengurus LSP dan pembina pula. Sehingga menunggu kesepakatan terlebih dahulu apakah program kerja sekolah riset akan dilaksanakan lagi di periode selanjutnya atau tidak. Apabila sekolah riset tidak diadakan lagi mungkin akan ada kegiatan serupa tetapi dengan konsep yang berbeda,” pungkas Annisa.

Reporter: Dwinanda Wuri Harsanti
Editor: Aulia Anjani

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa