FKIP – Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar webinar nasional secara daring melalui Zoom Cloud Meeting pada Kamis (6/1/2022).

Webinar dibuka dengan sambutan oleh kepala program studi PGSD, Dr. Idam Ragil Widianto Atmojo, S.Pd., M.Si. yang diwakilkan kepada Roy Ardiansyah, S.Pd., M.Pd.

“Harapan kami, dengan adanya webinar nasional maka akan meningkatkan kualitas mutu baik dari segi mahasiswa kami atau mungkin secara nasional bisa meningkatkan pengetahuan, wawasan, serta informasi yang lebih up to date sehingga tidak terjadi miskonsepsi ataupun miskomunikasi terkait dengan program sekolah penggerak,” kata Roy dalam sambutannya.

Webinar dipandu oleh moderator Yulvia Zalza Bella dengan mengusung tema “Wujudkan Visi Pendidikan Indonesia melalui Program Sekolah Penggerak”.

Narasumber pertama, Siti Samsiyah, S.Pd., M.Pd. yang merupakan kepala sekolah SD Negeri Keco 2. Siti menyampaikan materi dengan tajuk “Wujudkan Visi Pendidikan Indonesia melalui Program Sekolah Penggerak”.

“Apa sekolah penggerak itu? Sekolah penggerak adalah sekolah yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik dengan mewujudkan profil pelajar Pancasila yang mencakup kompetensi dan karakter yang diawali dengan SDM yang unggul, yaitu kepala sekolah dan guru,” jelas Siti.

Siti menjelaskan mengenai sekolah penggerak sebagai katalis, gambaran akhir sekolah penggerak, intervensi sekolah penggerak yang saling terkait, dan terakhir mengenai manfaat sekolah penggerak.

Narasumber kedua, Ririn Dwi Utami, S.P., S.Pd. selaku guru penggerak SD Takmirul Islam Surakarta. Ririn menyampaikan materi dengan tajuk yang sama dengan narasumber pertama.

“Guru penggerak yaitu pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik, aktif, dan proaktif dalam mengembangkan pendidikan lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid, serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila,” jelas Ririn dalam paparan materinya.

Selanjutnya, Ririn menyampaikan materi mengenai tujuan guru penggerak, peran guru penggerak, nilai-nilai guru penggerak, dan manfaat mengikuti program guru penggerak.

Webinar diakhir dengan sesi tanya jawab.

Reporter: Dwinanda Wuri Harsanti
Editor: Aulia Anjani

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa