FKIP – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kelompok Peron Surakarta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar Pentas Laborat dengan naskah berjudul “Nilap” secara luring di Aula Gedung F FKIP UNS pada Senin-Selasa (24-25/1/2022).

Pentas Laborat merupakan pentas yang dilaksanakan secara rutin oleh UKM Peron Surakarta. Pentas ini memiliki tujuan untuk memperkenalkan proses pementasan kepada anggota baru sebagai bentuk tindak lanjut dari latihan dasar. Selain itu, pentas ini menjadi wadah kreativitas mahasiswa dan mengenalkan proses kesenian.

Nama Pentas Laborat berarti “laboratorium” yang dalam hal ini diartikan sebagai langkah awal untuk ke depannya dalam berproses teater di Peron Surakarta.

Naskah yang dipentaskan dalam pentas kali ini yakni naskah “Nilap” yang merupakan naskah adaptasi dari naskah “Ayahku Pulang” karya Usmar Ismail. Naskah ini diadaptasi oleh sutradara Effendy Irawan menjadi naskah berbahasa Jawa.

Meskipun telah banyak pihak yang mementaskan naskah “Ayahku Pulang”, sutradara mengubah naskah menjadi bahasa Jawa karena ia ingin memberikan sesuatu yang berbeda. Walaupun inti ceritanya sama, tetapi tetap ada perbedaan dalam naskah “Nilap”.

Pementasan yang dipimpin oleh Annisa Ratna Kumala ini, berhasil menggaet penonton mahasiswa baru FKIP UNS, masyarakat umum, dan alumni Peron Surakarta. Kumala, ketua pelaksana Pentas Laborat ini, menyampaikan harapan untuk ke depan terkait kegiatan UKM Peron Surakarta.

“Harapannya untuk ke depan, kami bisa kembali berproses bersama-sama. Kepada penonton, semoga pulang dengan membawa sesuatu. Untuk anggota baru yang telah selesai dengan ibadah pentasnya, ini adalah langkah awal untuk berproses teater selanjutnya,” kata Kumala ketika diwawancarai oleh tim fkip.uns.ac.id pada Kamis (27/1/2022).

Dalam satu tahun, agenda kelompok terdapat beberapa pementasan, yakni Pentas Laborat untuk anggota baru, Pentas Produksi, dan Pentas Promosi untuk menarik anggota baru. Saat ini, UKM Peron Surakarta FKIP UNS tengah menggarap proyek untuk pementasan selanjutnya.

Reporter: Dwinanda Wuri Harsanti
Editor: Zalfaa Azalia Pursita

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa