FKIP – Sentra Kegiatan Islam (SKI) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dasar (PG-PAUD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar kajian dengan tema “Menjadi Mahasiswa Hebat dengan Taat Syariat”. Kegiatan ini merupakan Grand Closing (GC) Kajian Umum SKI PGSD PG-PAUD FKIP UNS periode 2021.

Kegiatan yang merupakan program kerja bidang syiar SKI PGSD PG-PAUD ini dilaksanakan secara online melalui Google Meet pada sabtu (11/12/2021). Pembicara pada kegiatan ini adalah Ust. Khusnul Aryanto dan dimoderatori oleh Rizky Hanif Prayitno.

Dalam pemaparannya Khusnul menjelaskan bahwa seorang mahasiswa itu harus memiliki mental untuk berkontribusi, yaitu memikirkan solusi dari permasalahan yang ada dan melakukan perbuatan untuk masyarakat.

“Kontribusi itu ada 2, pertama kontribusi pemikiran, kita sebagai mahasiswa itu kontribusinya adalah pemikiran, dan kontribusi perbuatan apa yang kita perbuat untuk masyarakat,” terangnya.

Selanjutnya menurut Khusnul dari dua kontribusi tersebut, seharusnya dapat dijadikan mahasiswa sebagai prinsip dalam bertindak di masyarakat.

“Mahasiswa hebat punya prinsip yang mendorong untuk unjuk gigi bukan semata-mata karena suatu kontribusi itu biar dilihat orang, melainkan kontribusi lillahi ta’ala,” ungkapnya.

Kemudian Khusnul mengatakan bahwa proses tidak akan mengkhianati hasil, sabar dalam menjalani proses menjadi salah satu kunci menjadi mahasiswa yang hebat. Adapun proses itu perlu didukung dengan kualitas teman-teman di sekitar kita.

“Teman yang baik bukanlah yang selalu membenarkan kita, tetapi teman yang baik adalah orang yang membuat kita menjadi benar,” katanya.

Terakhir, langkah menjadi mahasiswa yang hebat adalah dengan taat syariat. Adapun syariat yang dimaksud adalah syariat islam yaitu peraturan hidup, hubungan manusia dengan Tuhan, hubungan dengan sesama dan alam sekitar sesuai dengan Alquran dan hadis, sebagai contoh cara manusia dalam mengontrol emosi.

“Orang yang hebat bukanlah orang yang pandai bergulat, tetapi orang yang hebat adalah orang yang mampu mengontrol emosinya ketika marah,” tegasnya.

Reporter: Muhammad Muzaqqi
Editor: Aulia Anjani

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa