FKIP– Ikatan Mahasiswa Berprestasi (Imapres) menggelar roadshow ke berbagai fakultas. Selasa (22/02/2022), Imapres melaksanakan roadshow di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta secara daring.

Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan yakni Prof. Dr. Slamet Subiyantoro, M. Si. memberikan sambutan dalam acara ini.

“Kami sangat menyambut bahagia dengan adanya roadshow imapres ini. Bagi kami, ini merupakan kehormatan dan berkah karena kedatangan orang-orang hebat,” kata Prof. Slamet.

Sambutan dilanjutkan Kepala Biro Akademi dan Kemahasiswaan UNS, Drs. Rohman Agus Pratomo.

“Kami memang mempersiapkan sejak dini untuk mahasiswa berprestasi karena tidak dapat dilaksanakan secara instan,” kata Rohman.

Sambutan selanjutnya dari Ketua Ikatan Mahasiswa Berprestasi, Muhammad Fuadi Hakimi.

“Mahasiswa berpestasi itu bukan mahasiswa yang paling banyak prestasinya, tapi yang komprehensif,” jelas Fuadi.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi. Narasumber pertama yakni Pradana Ricardo selaku mahasiswa berprestasi 3 UNS.

Pradana mengawali pemaparannya dengan pengenalan mengenai mahasiswa berprestasi.

“Mahasiswa berprestasi adalah mahasiswa yang berhasil mencapai prestasi tinggi, baik akademik maupun non akademik, mampu berkomunikasi dengan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, bersikap positif, serta berjiwa Pancasila,” jelas Pradana.

Pradana menyampaikan manfaat mengikuti mahasiswa berprestasi, diantaranya mengenal diri, menambah relasi, mengasah diri, pengalaman berharga, kebanggan, dan teladan baik.

Ia juga turut menyampaikan mengenai cara menjadi mawapres, ikatan mahasiswa berprestasi, sekolah mawapres hingga alur pemilihan mahasiswa berprestasi.

Narasumber kedua yakni Farah Yuki Prasetyawati selaku mahasiswa berprestasi 1 FKIP UNS. Pada sesi ini, Farah Yuki memaparkan materi dengan sharing session.

Farah Yuki menyampaikan mengenai pengalaman mengikuti pilmapres 2021, evaluasi pilmapres 2021, dan tips serta trik menghadapi pilmapres 2021.

“Yang utama, taati aturannya. Kalau bisa, setiap poin yang diminta itu dipenuhi agar merata. Kalau di poin prestasi merasa kurang, kalian bisa memaksimalkan di gagasan kreatif dan public speakingnya,” jelas Farah Yuki.

Selain itu, Farah Yuki juga menyampaikan motivasi untuk terus berjuang dan meraih prestasi.

Kegiatan diakhiri dengan sesi tanya jawab dan closing statement dari Farah Yuki.

“Sejarah itu tidak menceritakan tentang orang-orang yang menyerah,” pungkas Farah Yuki. (Humas)

Reporter: Dwinanda Wuri Harsanti
Editor: Aulia Anjani

Humas FKIP

#fkip
#fkipuns
#uns